Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ragam Kelas Bus AKAP, Mulai Ekonomi sampai Sleeper

Kompas.com - 11/06/2021, 07:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comNaik bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) bisa menjadi pilihan yang nyaman dan ekonomis saat pergi keluar kota. Apalagi saat ini infrastruktur jalan tol sudah terbilang baik, sehingga waktu tempuh bisa lebih singkat.

Untuk kenyamanan dari bus, tersedia beberapa pilihan kelas, seperti ekonomi dan non ekonomi. Untuk kelas ekonomi, bisa dibilang menjadi kelas yang paling ekonomis, tersedia juga pilihan AC dan non AC.

Fasilitas yang ada di bus ekonomi tidak banyak. Ciri dari kelas ekonomi ini bisa dilihat dari susunan joknya yang kanan tiga dan kiri dua (3-2). Selain itu, tidak banyak fasilitas lain yang diberikan kepada penumpangnya.

Baca juga: Biaya dan Syarat Perpanjang SIM A dan C per Juni 2021

Kabin busKaroseri Laksana Kabin bus

Kemudian untuk kelas di atas ekonomi, ada VIP atau bisnis. Pada kelas ini, setiap PO bus memiliki perbedaan dalam fasilitas yang diberikan. Misalnya ada yang menyediakan toilet atau stop kontak untuk mengisi daya telepon genggam.

Biasanya untuk kelas VIP atau bisnis ini menggunakan susunan bangku 2-2 dengan jarak bangku yang cukup rapat. Kemudian untuk stop kontaknya juga tidak banyak, paling hanya ada di bagasi yang ada di atas kepala penumpang.

Naik satu tingkat dari kelas VIP adalah eksekutif. Perbedaan dari kelas di bawahnya yaitu bentuk bangku yang lebih lebar dan nyaman, serta ada fasilitas beberapa PO menyediakan leg rest yang bisa jadi tumpuan kaki selama perjalanan.

Baca juga: Berapa Biaya Bikin SIM CI dan CII?

Kabin bus AKAP PO Sudiro Tungga JayaDOK. LAKSANABUS Kabin bus AKAP PO Sudiro Tungga Jaya

Biasanya untuk kelas ini, fasilitas seperti USB Port untuk mengisi daya HP sudah cukup banyak. Beberapa karoseri menyediakan colokan USB di bagian atas, dekat kisi-kisi AC, namun ada juga yang tersedia di bangkunya.

Naik lagi ke tingkat yang lebih mewah, ada kelas super eksekutif. Perbedaannya, susunan bangku biasanya lebih longgar dan menggunakan konfigurasi 1-2. Sudah tentu bangku yang digunakan lebih besar serta nyaman, bahkan beberapa PO menyediakan meja lipat di bangkunya.

Selain itu, beberapa PO ada yang menyediakan sistem hiburan berupa Audio Video On Demand (AVOD) di setiap bangkunya. Sebenarnya sistem hiburan AVOD ini juga marak ditemui pada bus kelas eksekutif, misalnya seperti di double decker Sinar Jaya, Agramas, maupun Lorena dan Karina.

Kabin Suites Class PO SahaalahDOK. LAKSANABUS Kabin Suites Class PO Sahaalah

Terakhir, kelas ini bisa dibilang yang paling mewah, yaitu sleeper seat atau suites class. Pada kelas ini menggunakan bangku yang bisa direbahkan 150 derajat ditambah beberapa PO menyediakan sistem hiburan AVOD di setiap bangkunya.

Fasilitas lain seperti servis makan juga diberikan secara gratis termasuk tiket yang sudah dibeli. Namun beberapa PO bus ada yang memisahkan servis makan berdasarkan dari kelas yang dinaiki penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com