Skuter Listrik Honda Benly:e Mulai Uji Jalan

Kompas.com - 09/06/2021, 16:21 WIB
Honda Benly:e Foto: MotorbeamHonda Benly:e
|

NEW DELHI, KOMPAS.com - Skuter listrik Honda Benly:e tertangkap kamera sedang uji jalan di India. Benly-e merupakan motor pekerja dengan bagian belakang berupa dek landai.

Benly:e yang tertangkap kamera ini diuji coba oleh Automotive Research Association Of India (ARAI). Disinyalir diuji untuk mengetahui kelayakan motor untuk dipakai sehari-hari.

Baca juga: Yamaha XSR 155 Berubah Wujud Jadi Flat Tracker

Sebelumnya skuter listrik ini telah dikenalkan Honda pada 2019. Terdapat empat model yang diperkenalkan, yakni Benly:e I, Benly:e I Pro, Benly:e II, dan Benly:e II Pro.

Mengutip Motorbeam, perbedaan empat tipe Benley:e tersebut ialah kekuatan motor listrik yang dipakai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Honda Benly e I dan I Pro memakai motor listrik 2,8 kW yang menghasilkan torsi 13 Nm. Sedangkan Benly e II dan II Pro memakai motor listrik 4,2 kW yang menghasilkan torsi puncak 15 Nm.

Semua tipe tersebut memakai dua unit baterai lithium-ion 48V 20,8 Ah yang disebut Honda sebagai 'Mobile Power Pack' (MPP). Baterai tersebut dapat dilepas dan ditukar.

Dalam baterai terisi penuh, Benly:e I dan I Pro dapat menempuh jarak 87 km dengan kecepatan 30 kpj di jalan datar. Sedangkan Benly:e II dan II Pro dapat menempuh jarak 43 km dengan kecepatan 60 kpj.

Baca juga: Alasan Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara Malam Hari

Honda Benly:eFoto: Motorbeam Honda Benly:e

Honda mengklaim Benly:e mampu melibas tanjakan hingga kecuraman 12 derajat. Tapi beban muatan pada masing-masing model tidak sama.

Pada Benly:e I dan I Pro hanya mampu membawa beban seberat 30 kg. Sedangkan pada Benly:e II dan II Pro mencapai 60 kg.

Honda Benly:e memakai roda depan pakai pelek 12 inci ban 90/90, sedangkan roda belakang pelek 10 inci dengan ukuran ban 110/90. Bobotnya antara 125 kg dan 130 kg, sistem pengereman CBS.

Meski sudah terlihat sedang dites, kemungkinan besar Benly:e tidak dijual retail dan hanya untuk perusahaan atau fleet. Meski demikian diakui bahwa skutik ini menarik untuk dibahas.



Sumber motorbeam
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X