Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alpinestars Tanggapi Insiden Wearpack Quartararo pada MotoGP Catalunya

Kompas.com - 09/06/2021, 09:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat balapan pada MotoGP Catalunya 2021, terjadi insiden di mana baju balap atau wearpack yang digunakan Fabio Quartararo. Insiden ini tentunya sangat berbahaya.

Pada lap-lap akhir, wearpack Quartararo terbuka. Kondisi ini membuat pelindung dadanya berubah posisi dan mengganggu hingga akhirnya terlepas.

"Setelah balapan MotoGP di Sirkuit Catalunya pada Minggu, Alpinestars Racing Development Team mulai investigasi pada keutuhan baju balap Fabio Quartararo," tulis Alpinestars di Twitter, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Penjelasan Quartararo Penyebab Wearpack Terbuka hingga Lepas Pelindung

Alpinestars menambahkan, selama analisis setelah balapan di Alpinestars Racing Development Truck di paddock MotoGP, tim menemukan bahwa baju balap dalam kondisi normal dan semua risleting berfungsi sepenuhnya.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami nasib sial pada balapan MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).AFP/LLUIS GENE Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami nasib sial pada balapan MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

"Ini adalah penilaian awal yang akan diperdalam segera setelah baju balap tiba di laboratorium Alpinestars di markas Alpinestars. Semua tes dan analisis dilakukan untuk lebih memahami penyebab apa yang terjadi," lanjut Alpinestars.

Alpinestars juga menepis kabar yang beredar yang mengatakan bahwa airbag pada wearpack Quartararo mengembang saat balapan. Airbag tetap bekerja dengan normal.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021 Setelah Quartararo Dapat Penalti Lagi

Namun, dari pihak Quartararo tetap mengatakan bahwa sudah menutup rapat wearpack yang digunakan sebelum balapan dimulai.

"Untuk mengklarifikasi, Fabio menutup baju balapnya dengan benar saat start (seperti yang sudah dipastikan pada rekaman onboard). Baju balap tiba-tiba terbuka saat fase pengereman di tikungan pertama, 4 lap sebelum berakhir," kata Diego Gubellini, kepala mekanik Quartararo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com