Alpinestars Tanggapi Insiden Wearpack Quartararo pada MotoGP Catalunya

Kompas.com - 09/06/2021, 09:42 WIB
Rider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021). MOTOGPRider Yamaha Fabio Quartararo membuka retsleting depan bajunya pada sesi-sesi akhir MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat balapan pada MotoGP Catalunya 2021, terjadi insiden di mana baju balap atau wearpack yang digunakan Fabio Quartararo. Insiden ini tentunya sangat berbahaya.

Pada lap-lap akhir, wearpack Quartararo terbuka. Kondisi ini membuat pelindung dadanya berubah posisi dan mengganggu hingga akhirnya terlepas.

"Setelah balapan MotoGP di Sirkuit Catalunya pada Minggu, Alpinestars Racing Development Team mulai investigasi pada keutuhan baju balap Fabio Quartararo," tulis Alpinestars di Twitter, dikutip dari Speedweek.com, Rabu (9/6/2021).

Baca juga: Penjelasan Quartararo Penyebab Wearpack Terbuka hingga Lepas Pelindung

Alpinestars menambahkan, selama analisis setelah balapan di Alpinestars Racing Development Truck di paddock MotoGP, tim menemukan bahwa baju balap dalam kondisi normal dan semua risleting berfungsi sepenuhnya.

Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami nasib sial pada balapan MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).AFP/LLUIS GENE Pebalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, mengalami nasib sial pada balapan MotoGP Catalunya 2021, Minggu (6/6/2021).

"Ini adalah penilaian awal yang akan diperdalam segera setelah baju balap tiba di laboratorium Alpinestars di markas Alpinestars. Semua tes dan analisis dilakukan untuk lebih memahami penyebab apa yang terjadi," lanjut Alpinestars.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alpinestars juga menepis kabar yang beredar yang mengatakan bahwa airbag pada wearpack Quartararo mengembang saat balapan. Airbag tetap bekerja dengan normal.

Baca juga: Hasil Klasemen MotoGP 2021 Setelah Quartararo Dapat Penalti Lagi

Namun, dari pihak Quartararo tetap mengatakan bahwa sudah menutup rapat wearpack yang digunakan sebelum balapan dimulai.

"Untuk mengklarifikasi, Fabio menutup baju balapnya dengan benar saat start (seperti yang sudah dipastikan pada rekaman onboard). Baju balap tiba-tiba terbuka saat fase pengereman di tikungan pertama, 4 lap sebelum berakhir," kata Diego Gubellini, kepala mekanik Quartararo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X