Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Skuter Listrik Honda Benly:e Mulai Uji Jalan

NEW DELHI, KOMPAS.com - Skuter listrik Honda Benly:e tertangkap kamera sedang uji jalan di India. Benly-e merupakan motor pekerja dengan bagian belakang berupa dek landai.

Benly:e yang tertangkap kamera ini diuji coba oleh Automotive Research Association Of India (ARAI). Disinyalir diuji untuk mengetahui kelayakan motor untuk dipakai sehari-hari.

Sebelumnya skuter listrik ini telah dikenalkan Honda pada 2019. Terdapat empat model yang diperkenalkan, yakni Benly:e I, Benly:e I Pro, Benly:e II, dan Benly:e II Pro.

Mengutip Motorbeam, perbedaan empat tipe Benley:e tersebut ialah kekuatan motor listrik yang dipakai.

Honda Benly e I dan I Pro memakai motor listrik 2,8 kW yang menghasilkan torsi 13 Nm. Sedangkan Benly e II dan II Pro memakai motor listrik 4,2 kW yang menghasilkan torsi puncak 15 Nm.

Semua tipe tersebut memakai dua unit baterai lithium-ion 48V 20,8 Ah yang disebut Honda sebagai 'Mobile Power Pack' (MPP). Baterai tersebut dapat dilepas dan ditukar.

Dalam baterai terisi penuh, Benly:e I dan I Pro dapat menempuh jarak 87 km dengan kecepatan 30 kpj di jalan datar. Sedangkan Benly:e II dan II Pro dapat menempuh jarak 43 km dengan kecepatan 60 kpj.

Honda mengklaim Benly:e mampu melibas tanjakan hingga kecuraman 12 derajat. Tapi beban muatan pada masing-masing model tidak sama.

Pada Benly:e I dan I Pro hanya mampu membawa beban seberat 30 kg. Sedangkan pada Benly:e II dan II Pro mencapai 60 kg.

Honda Benly:e memakai roda depan pakai pelek 12 inci ban 90/90, sedangkan roda belakang pelek 10 inci dengan ukuran ban 110/90. Bobotnya antara 125 kg dan 130 kg, sistem pengereman CBS.

Meski sudah terlihat sedang dites, kemungkinan besar Benly:e tidak dijual retail dan hanya untuk perusahaan atau fleet. Meski demikian diakui bahwa skutik ini menarik untuk dibahas.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/09/162100415/skuter-listrik-honda-benly-e-mulai-uji-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke