Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan PO Bus Soal Pengamen dan Pedagang Asongan Masuk ke Kabin

Kompas.com - 09/06/2021, 12:42 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Naik bus keluar kota memang masih menjadi pilihan sebagian orang. Harganya yang ekonomis serta fasilitasnya yang cukup nyaman membuat orang tetap memilih naik bus untuk bepergian.

Saat naik bus, biasanya sebelum berangkat atau mampir ke terminal, kerap ada pengamen dan pedagang asongan yang masuk ke kabin bus.

Lalu sebenarnya bagaimana tanggapan pengusaha bus saat bus miliknya dinaiki pedagang atau pengamen?

Pemilik PO Sumber Alam Anthony Steven Hambali mengatakan, sebenarnya dari Perusahaan Otobus (PO) tidak mengijinkan pengamen dan pedagang asongan masuk ke dalam bus, tapi lihat lagi kondisinya.

Baca juga: Tol Japek II Lanjut Pembangunan, Alternatif ke Purwakarta dan Bandung

Pedagang asongan menunggu kedatangan bus dari arah Jakarta di Terminal Bus Kota Tegal, Rabu (14/4/2021)KOMPAS.com/Tresno Setiadi Pedagang asongan menunggu kedatangan bus dari arah Jakarta di Terminal Bus Kota Tegal, Rabu (14/4/2021)

“Tidak diizinkan, tapi ya balik lagi, soal keselamatan kendaaan dan kru di jalan. Dulu kalau enggak berhenti kadang dilempar kacanya, salah satu tempatnya di Pintu Tol Cikampek,” ucap Anthony kepada Kompas.com, Rabu (9/6/2021).

Anthony menjelaskan, pengamen dan pedagang asongan lebih sering naik ke bus ekonomi. Hal ini dikarenakan bus yang masih mengambil penumpang di jalan.

Ilustrasi pemudikANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Ilustrasi pemudik

“Sedangkan kalau yang eksekutif, apalagi sekarang sudah full tol, sudah tidak ada lagi asongan,” kata Anthony.

Baca juga: Iklan Zaman Dulu Yamaha RX-K, Menggoda dengan Tudung Lampu

Selain itu, beberapa PO bus juga menuliskan larangan pedagang atau pengamen untuk masuk bus di pintu penumpang.

Tetapi sebenarnya, selama pengamen atau pedagang tersebut sopan, bisa saja diizinkan masuk oleh kru dan pengemudi.

“Namanya di jalan mas, asal tidak memaksa ya tidak apa-apa. Tapi kalau memaksa, kita laporkan ke petugas. Kemenhub juga sudah serius memperbaiki layanan di terminal, terutama tipe A,” ucapnya.

Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (18/6/2018)Stanly Ravel Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Senin (18/6/2018)

Hariyadi, pengemudi bus AKAP PO Raya sebelumnya mengatakan bila pengamen atau pedagang asongan boleh masuk kabin bus selama prilakunya sopan. Sopan di sini maksudnya meminta izin kepada kru atau pengemudi dan tidak memaksa.

“Sopan ini maksudnya dagangannya laku atau enggak ketika ditawarkan ke penumpang, dia enggak marah. Untuk pengamen juga, mau ada yang kasih uang atau enggak, dia enggak marah,” ucap Hariyadi kepada Kompas.com, Selasa (8/6/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com