Ini Syarat Naik Bus AKAP Damri Setelah Larangan Mudik 2021

Kompas.com - 09/06/2021, 12:22 WIB
Peresmian Bus Damri Trayek Jakarta - Malang DOK. DAMRIPeresmian Bus Damri Trayek Jakarta - Malang

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) memang sempat dibatasi operasinya saat periode mudik 6-17 Mei 2021. Setelah itu, masih ada juga pembatasan pergerakan orang pasca mudik 2021 yang berlaku 18-24 Mei 2021.

Beberapa syarat perjalanan tersebut diatur dalam Surat Edaran Kementerian Perhubungan Nomor 38 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang dalam Negeri pada Masa Pandemi Corona Virus Disease (COVID-19).

Sekarang, setelah periode larangan mudik sudah lewat, penumpang bisa kembali naik bus AKAP untuk pergi keluar kota. Salah satu layanan bus AKAP yang bisa digunakan untuk pergi keluar kota adalah Damri.

Baca juga: Mengenal Marka Chevron yang Sering Ditemui di Jalan Tol

Bus perum DamriDamri Bus perum Damri

Pasca larangan mudik 2021, pelanggan Damri tidak perlu lagi menyertakan surat izin perjalanan, namun wajib memenuhi persyaratan kesehatan. Syaratnya berupa surat keterangan hasil negatif test RT-PCR atau hasil rapid test antigen yang berlaku 1 x 24 jam sebelum keberangkatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Damri meminta kepada pelanggan untuk mencermati masa berlaku dari dokumen kesehatan yang digunakan, serta mewajibkan agar mematuhi ketentuan perjalanan sesuai protokol kesehatan.

Penumpang wajib memakai masker menutupi area hidung dan mulut, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, physical distancing, menjaga kebersihan selama berada di dalam bus, dan mengikuti petunjuk petugas Damri.

Baca juga: Banyak yang Belum Tahu, Ban Ternyata Punya Batas Kecepatan Maksimum

Untuk memperoleh tiket, pelanggan dapat melakukan pemesanan melalui aplikasi DAMRI Apps, portal www.tiket.damri.co.id dan seluruh channel resmi penjualan tiket DAMRI lainnya.
Pembayaran bisa melalui berbagai platform digital seperti DANA, OVO, ShopeePay, LinkAja, Traveloka, RedBus, GoPay, Mandiri, Visa, dan Mastercard serta gerai Indomaret di seluruh Indonesia.

Informasi lebih lanjut terkait layanan DAMRI pada masa pandemi COVID-19 dapat diperoleh dengan menghubungi Call Center (021) 1500 825, email cs@damri.co.id, humas@damri.co.id atau media sosial Instagram, Facebook, dan Twitter di DAMRIIndonesia.

Jika ada perubahan terkait layanan DAMRI akan diinformasikan kembali. Jangan lupa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan untuk menjaga diri dan orang terdekat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.