Kemenhub Dorong Penggunaan Kendaraan Listrik di Transportasi Logistik

Kompas.com - 08/06/2021, 17:51 WIB
Mitsubishi Fuso eCanter, salah satu truk listrik yang sudah dikenalkan di dunia. efuso.jpMitsubishi Fuso eCanter, salah satu truk listrik yang sudah dikenalkan di dunia.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan akan terus memberikan dukungan penggunaan kendaraan listrik sebagai alat transportasi, termasuk bagi kebutuhan logistik.

Pasalnya, hal tersebut diyakini mampu merubah banyak tatanan logistik di Tanah Air ke arah yang positif di samping melestarikan lingkungan.

"Jadi, bila terdapat kendaraan listrik yang memeuhi syarat untuk angkutan listrik, kami akan berikan rekomendasi untuk bisa segera digunakan," kata Staf Khusus Menteri Perhubungan Bidang SDM dan Komunikasi Adita Irawati dalam konferensi virtual, Senin (7/6/2021).

Baca juga: Awas, Salah Pilih Ukuran Helm Bisa Berdampak Fatal

Truk listrik Mitsubishi Fuso E-CanterStanly/KompasOtomotif Truk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter

Hanya saja, kendaraan listrik untuk angkutan logistik memiliki standar berbeda dari kendaraan penumpang. Mulai dari kapasitas barang yang diangkut hingga penggunaan daya yang diperlukan.

"Harus memenuhi standar kendaraan khusus logistik juga," ujar Adita.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski begitu, ia mengklaim bahwa pihaknya sudah menggunakan ratusan kendaraan listrik untuk kegiatan operasional di lingkungan Kementerian Perhubungan.

Baca juga: Polisi Tilang Pengendara Moge Pakai Strobo

"Kementerian Perhubungan ini mobil operasionalnya ini sudah ratusan unit pakai kendaraan listrik," katanya.

Hal ini, lanjut Adita, menjadi komitmen pemerintah untuk mendukung program peralihan penggunaan kendaraan bermotor konvensional ke energi yang lebih bersih.

"Itu penting agar menekan emisi karbon bisa dan kelestarian lingkungan," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.