Tanggapan Ducati Indonesia soal Streetfighter V4S yang Ditilang

Kompas.com - 08/06/2021, 07:22 WIB
Ducati Streetfighter V4S dengan knalpot standar yang ditilang karena dianggap memakai knalpot bising Giovanni De SandreDucati Streetfighter V4S dengan knalpot standar yang ditilang karena dianggap memakai knalpot bising

JAKARTA, KOMPAS.com - Pihak kepolisian membatalkan surat tilang pada pemilik motor gede (moge) yang ditindak pada akhir pekan lalu, Minggu (6/6/2021). Sebab, kesalahan yang didakwakan tidak terbukti benar.

Pada video yang diunggah oleh @indobike_sound, terlihat pemilik motor menyampaikan protes karena sudah ditilang dengan alasan menggunakan knalpot bising. Sebab, knalpot motornya masih standar.

Motor yang disebutkan masih dalam kondisi standar itu adalah Streetfighter V4S.

Baca juga: Moge Kena Razia Knalpot Bising, Pemilik Klaim Itu Knalpot Standar

Bonifacius Soemarmo, Marketing Head Ducati Indonesia, mengatakan, pada dasarnya Ducati memang memiliki suara yang khas. Kalau buat penggemar motor, khususnya motor besar, biasanya sudah hafal dengan suara mesin Ducati yang khas.

"Suara unik Ducati itu lahir dari konfigurasi mesin 90 derajat V2 yang membuat suara mesin terdengar “bulat” dan lebih halus. Bahkan, mesin terbaru sudah V4 bukan lagi V2," ujar Bonifacius, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bonifacius menambahkan, kebanyakan motor Ducati mengaplikasikan sistem dry clutch (kopling kering), yang membuat suara mesin Ducati terdengar 'lebih berisik' dibandingkan dengan mesin yang menggunakan wet clutch. Walaupun, tidak semua motor Ducati menggunakan dry clutch.

Baca juga: Lagi, Moge Kena Razia Knalpot Bising

Ducati Streetfighter V4S dengan knalpot standar yang ditilang karena dianggap memakai knalpot bisingDucati Ducati Streetfighter V4S dengan knalpot standar yang ditilang karena dianggap memakai knalpot bising

"Terkait kasus yang kemarin viral soal motor Ducati Streetfighter V4S standar yang kena tilang, sebenernya memang yang namanya moge, motor dengan cc besar, suara yang dihasilkan juga pasti akan lebih besar. Tapi suara yang besar itu juga banyak dihasilkan oleh suara mesin, jadi tidak hanya dari suara knalpot. Jadi, walaupun dengan knalpot standar, suara moge akan tetap lebih keras dari motor lain dengan cc yang lebih kecil," kata Bonifacius.

Ducati Streetfighter V4S dengan knalpot standar yang ditilang karena dianggap memakai knalpot bisingDucati Ducati Streetfighter V4S dengan knalpot standar yang ditilang karena dianggap memakai knalpot bising

Ducati Streetfighter V4S yang kena tilang memiliki berat 180 kg, ditenagai oleh mesin berkapasitas 1.100 cc Desmosedici Stradale 90-degree-V4, sudah bukan lagi V2. Menurut Bonifacius, suara yang dihasilkan oleh mesin tersebut bahkan dengan knalpot standar memang sudah keras.

"Kalau di lapangan itu kan bisa macam-macam ya kejadiannya. Kalau kena tilang seperti kemarin tidak perlu panik, tidak perlu emosi, selama kita mengikuti aturan yang berlaku, kita bisa mengajukan komplain untuk pembatalan surat tilang. Itu yang terjadi kemarin," ujar Bonifacius.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.