Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diskon LMPV Setelah Insentif PPnBM Jadi 50 Persen, Tembus Rp 20 Juta

Kompas.com - 08/06/2021, 10:12 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM) mulai Juni hingga Agustus 2021 sudah turun ke angka 50 persen. Oleh karena itu, beberapa pabrikan menambah harga jual dari mobil-mobilnya.

Salah satu mobil yang menikmati relaksasi PPnBM 50 persen adalah Low Multi-Purpose Vehicle (LMPV) atau biasa disebut MPV murah.

Deretan MPV murah yang ada di Indonesia dan menikmati relaksasi ini adalah Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero.

Sejak relaksasi PPnBM jadi 50 persen, kenaikan harga setiap merek pun bervariasi. Kenaikan harga mulai dari Rp 5,5 jutaan sampai ada juga yang naik Rp 16 juta. Namun jangan khawatir, beberapa diler juga memberi diskon tambahan.

Baca juga: Penjelasan Quartararo Penyebab Wearpack Terbuka hingga Lepas Pelindung

Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021KOMPAS.COM/STANLY RAVEL Toyota Avanza IIMS Hybrid 2021

Misalnya untuk Toyota Avanza, sebuah diler Toyota di Jakarta Pusat memberikan diskon mulai Rp 12 jutaan. Pembeli juga bisa memberikan penawaran agar diskonnya menjadi lebih besar.

Kemudian untuk kembaran dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia bisa mendapatkan potongan sebesar Rp 15 jutaan. Namun untuk beberapa tipe, unitnya agak sulit untuk didapatkan sehingga harus inden.

“Misalnya seperti tipe R unitnya susah. Paling ada tipe X, antreannya tidak sepanjang yang tipe R,” ucap sales Daihatsu daerah Bekasi.

Baca juga: Kepemilikan SIM Bisa Dicabut, Ini Aturannya

Selanjutnya untuk Honda Mobilio, potongan dari diler hanya sedikit, sekitar Rp 5 jutaan. Namun kembali lagi, unit dari Honda Mobilio cukup langka di diler saat ini, jadi bagi yang berminat, harus menunggu beberapa waktu.

“Dari produksinya memang belum ada yang masuk. Jadi orang enggak nunggu diskon lagi dari diler, ada potongan PPnBM saja dia ambil,” ucap Sales Honda di daerah Jakarta Utara.

MPV murah jagoan Suzuki, yakni Ertiga bisa dibilang mendapat potongan paling besar. Setelah ada PPnBM 50 persen, bagi peminat Suzuki Ertiga bisa mendapatkan diskon belasan hingga Rp 20 jutaan.

Ilustrasi Suzuki ErtigaDOK. SUZUKI Ilustrasi Suzuki Ertiga

Kemudian, untuk Mitsubishi Xpander, mendapatkan potongan yang tidak terlalu besar dari diler, sekitar Rp 10 jutaan.

Namun jika mau membeli Xpander, harus bersabar karena inden dan pengiriman paling lambat baru di bulan Agustus 2021.

Terakhir ada MPV murah dari Wuling yaitu Confero. Potongan harga dari diler setelah relaksasis PPnBM tidak terlalu besar, sekitar Rp 12 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com