Ini yang Wajib Diperhatikan Sebelum Beli Mobil Bekas

Kompas.com - 03/06/2021, 10:12 WIB
Mobil bekas di WTC Mangga Dua KOMPAS.com/Aprida Mega NandaMobil bekas di WTC Mangga Dua

JAKARTA, KOMPAS.com - Membeli mobil bekas tidak bisa sembarangan, apalagi untuk yang tahun produksinya sudah cukup lawas. Sebab, berbagai aspek di kendaraan tentu sudah mengalami penyusutan.

Sehingga, dalam upaya mendapat kenyamanan dan keselamatan saat digunakan pemilik perlu melakukan pengecekan komponen ulang baik yang bersifat cairan maupun padat.

Service Part Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi menjelaskan, salah satu bagian penting yang perlu dicek adalah radiator dan filter-filter.

Baca juga: PPnBM Turun 50 Persen, Berikut Mobil Bekas Rp 100 Jutaan Bulan Ini

Ilustrasi bengkel mobil di diler Honda MegatamaIstimewa Ilustrasi bengkel mobil di diler Honda Megatama

"Seperti, filter udara, filter bahan bakar, dan lain sebagainya. Jika sudah, jangan puas. Cek kondisi oli mesin, oli gardan, minyak rem, cairan pendingin, air wiper, sampai minyak power steering," katanya kepada Kompas.com belum lama ini.

Kemudian, pengecekkan berlanjut ke pemeriksaan komponen aki mobil, kanvas rem dan kopling, serta mesin. Tentu, bila komponen tersebut sudah tidak layak pakai atau tak berfungsi optimal, lakukan pergantian segera.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jangan sampai karena harganya murah, dicek sekali saja langsung dibawa jalan. Nanti bila bermasalah di jalan malah repot," ujar dia.

Baca juga: Pengemudi Wajib Tahu, Saat Mesin Mobil Mati di Pelintasan Kereta Api

Ilustrasi bengkel mobil CARfixCARfix Ilustrasi bengkel mobil CARfix

"Lakukan pula inspeksi pada bagian kaki-kaki, itu penting juga misal tekanan ban, kondisi shockbreaker, dan kondisi alignment-nya," kata Anjar lagi.

Jika sudah, silahkan periksa bagian interior mobil sampai ke alas kaki atau karpet. Jadi, jangan cek bagian luarnya saja.

Untuk mendapat hasil maksimal, pemilik bisa melakukan pemeriksaan bagian mesin, kaki-kaki, dan interior ke bengkel resmi atau langganan. Adapun harganya berbeda-beda, tergantung merek dan jenis mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.