Pengemudi Wajib Tahu, Saat Mesin Mobil Mati di Pelintasan Kereta Api

Kompas.com - 02/06/2021, 11:22 WIB
Ilustrasi perlintasan sebidang dengan rel kereta api.
 
KOMPAS/WISNU WIDIANTOROIlustrasi perlintasan sebidang dengan rel kereta api.


JAKARTA, KOMPAS.com - Viral video di media sosial yang menunjukkan satu unit bus transjakarta berhenti di tengah pelintasan kereta api lantaran mengalami gangguan mesin.

Rekaman tersebut diunggah oleh akun instagram @jakarta.terkini, Selasa (1/6/2021). Dalam video itu terlihat penumpang yang panik keluar dari bus lantaran mendengar suara sirene yang menandakan kereta akan melintas.

Hingga saat ini belum ada keterangan lanjutan atas insiden tersebut.

Baca juga: Melihat Harga Mitsubishi Xpander Bekas Pasca Lebaran

Terkait kejadian ini, Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI) Sony Susmana mengatakan, satu hal yang salah untuk dilakukan adalah berhenti atau merayap ketika macet di persimpangan rel.

Menurut Sony, ada mitos yang mengatakan kalau di rel kereta api terdapat medan magnet yang dapat membuat mesin kendaraan mati. Namun, fokus utama adalah bagaimana pengemudi mengantisipasi jika mengalami kejadian tersebut.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Terkini (@jakarta.terkini)

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Tidak ada yang merasa nyaman berhenti di antara rel, ada rasa waswas kereta akan lewat. Apalagi ketika dikagetkan suara sirine, biasanya pengemudi mengalami panik berujung salah dalam operasional dan membuat mesin mati,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com, Selasa (1/6/2021).

Sony melanjutkan, ada waktu 10 sampai 20 detik untuk melakukan evakuasi penumpang keluar kabin setelah itu bunyikan klakson untuk memancing arus listrik yang terganggu sambil menghidupkan mesin.

“Namun, apabila hal itu tidak berhasil dilakukan dan mesin tidak bisa hidup juga, maka pengemudi sebaiknya segera tinggalkan kendaraan tersebut,” kata dia.

Baca juga: Ini Tarif Resmi Jasa Derek Mobil di Jalan Tol

Sementara itu, soal mitos yang beredar, bahwa mesin kendaraan khususnya mobil bisa mendadak mati karena adanya medan magnet di pelintasan kereta, Menurut Technical Service Executive Coordinator Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi, itu tidak benar.

“Secara teknis, ketika rel akan dilalui kereta api pasti memiliki medan magnet karena adanya gesekan. Tapi itu tidak akan menganggu kinerja mesin mobil sehingga tidak bisa menyala dan sulit distarter. Kebanyakan justru hal iu terjadi karena kepanikan dari si pengemudi,” ujar Anjar.

Anjar menjelaskan, kemungkinan mesin tidak bisa distarter lagi memang bisa saja terjadi. Tetapi itu hanya untuk mobil yang kondisinya tidak sehat.

“Kalau aki mobil yang kondisinya memang sudah tidak baik, untuk distarter di rumah saja susah, apalagi di atas pelintasan kereta,” kata Anjar.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.