Rahasia Quartararo Raih Juara pada MotoGP Italia 2021

Kompas.com - 01/06/2021, 07:42 WIB
Fabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP) TIZIANA FABIFabio Quartararo saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com – Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo menunjukkan performa yang luar biasa pada balapan MotoGP Italia 2021 di Sirkuit Mugello, Minggu (30/05).

Quartararo sempat kehilangan posisi terdepan setelah disalip rivalnya. Akan tetapi, pebalap asal Perancis memiliki rahasia sehingga bisa menjadi juara MotoGP Italia pada akhir pekan lalu.

Mulainya seri MotoGP Italia 2021, didahului dengan mengheningkan cipta selama satu menit. Hal ini dilakukan untuk memberikan penghormatan kepada pemabalap Moto3 Jason Dupasquier yang meninggal dunia.

Baca juga: Balik Nama Kendaraan Tanpa KTP Pemilik Pertama, Ini Syaratnya

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merayakan kemenangannya setelah memenangi balapan MotoGP Grand Italia 2021 di Mugello pada 30 Mei 2021.AFP/TIZIANA FABI Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo merayakan kemenangannya setelah memenangi balapan MotoGP Grand Italia 2021 di Mugello pada 30 Mei 2021.

Quartararo mengatakan, hari itu sangat emosional. Monster Energy Yamaha harus tetap fokus untuk tetap bisa meraih performa maksimal.

“Singkatnya, ada banyak emosi hari itu. Namun hari itu adalah hari yang luar biasa bagi kami, tetapi sangat sulit untuk tetap fokus,” ujar Quartararo, dikutip dari laman Yamaha MotoGP (31/5/2021).

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sejujurnya saya tidak tahu bagaimana saya bisa mengimbangi kecepatan ini karena setiap lap yang Anda lakukan, Anda memikirkan Jason Dupasquier. Itu bukan hal yang mudah dilakukan, dan saya pikir semua pebalap berlomba untuknya,” kata dia.

Baca juga: Tarif PO Murni Jaya dari Jakarta Menuju Jateng-DIY Mulai Juni 2021

Pebalap Moto3, Jason Dupasquier.Tangkapan layar laman resmi MotoGP Pebalap Moto3, Jason Dupasquier.

Walaupun sulit berkonsentrasi, pembalap berusia 22 tahun itu bertekad memenangi balapan demi menghormati Dupasquier.

Mengawali start dari pole position, Quartararo justru menempati posisi posisi kedua di belakang Francesco Bagnaia.

Ia terus menempel sampai Francesco Bagnaia terjatuh di lap 2 dan membuat Quartararo menempati posisi pertama.

Baca juga: Yamaha 125ZR NOS Buka Harga Setara Honda HR-V

Johann Zarco saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)TIZIANA FABI Johann Zarco saat balapan pada MotoGP Italia 2021. (Photo by Tiziana FABI / AFP)

“Saya mengendarai dengan mudah di belakang Francesco Bagnaia, dan ketika saya melihatnya jatuh, saya ingin mencoba untuk berkendara maksimal lima lap,” ucap Quartararo.

“Tapi kemudian Zarco menyusul saya. Jadi saya berkata, saya perlu melakukan gerakan agresif. Pertama-tama untuk membuatnya kehilangan waktu dan juga untuk membuka celah,” tuturnya.

Kemenangan tersebut membuat Quartararo menambah keunggulannya di klasemen dengan total 105 poin. Quartararo pun dibuntuti oleh Zarco yang memiliki 81 poin di peringkat kedua.

"Jika saya bisa bertahan di tikungan pertama, itu bagus, dan itulah yang terjadi. Jadi, saya sangat senang dengan hasil ini," kata Quartararo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X