Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Polisi Layani Pelatihan Uji Praktik SIM Gratis di Daerah Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Uji praktik jadi salah satu aktivitas yang wajib dilakukan untuk mendapatkan Surat Izin Mengemudi (SIM). Tes ini jadi bukti bahwa seseorang dapat dikatakan layak mengendarai kendaraan bermotor.

Namun bagi sebagian orang, uji praktik dianggap jadi salah satu bagian tes tersulit untuk mendapatkan SIM. Tidak jarang pemohon SIM gagal menyelesaikan uji praktik ini.

Oleh karena itu, Satlantas Polres Pamekasan Madura membuat program pelatihan uji praktik SIM yang diberi nama PETIS, singkatan dari Pelatihan Ujian Praktik SIM.

Dalam keterangan resminya, Senin (31/5/2021), Kapolres Pamekasan AKBP Apip Ginanjar menjelaskan bahwa program tersebut ditujukan bagi pemohon SIM yang berulang kali gagal melakukan uji praktik.

“Waktu latihan PETIS setiap Jumat pukul 13.00 WIB di lapangan uji praktik Satpas Polres Pamekasan, Jalan Raya Nyalaran Kabupaten Pamekasan,” ungkap Ginanjar.

Tidak hanya untuk pemohon SIM C saja, program pelatihan ini juga dibuka untuk masyarakat yang ingin membuat SIM A. Ginanjar pun mengatakan bahwa program ini sama sekali tidak dipungut biaya.

Tidak hanya di Polres Pamekasan, Polres Pekalongan pun membuka layanan pelatihan yang sama. Bedanya, pelatihan uji praktik ini hanya dibuka untuk pemohon SIM C.

Kasatlantas Polres Pekalongan AKP Harman Rumenegge Sitorus dalam keterangan resminya, Jumat (28/5/2021), mengatakan bahwa pelatihan akan dilaksanakan pada Senin dan Kamis awal Juni 2021 mulai pukul 14.00 WIB.

"Pelatihan ini tidak dibebankan biaya, alias gratis,” ungkap Harman.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/06/01/080200415/polisi-layani-pelatihan-uji-praktik-sim-gratis-di-daerah-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke