Tarif Parkir Progresif Uji Emisi Bakal Diperluas sampai ke Mal

Kompas.com - 31/05/2021, 11:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya lahan milik Pemerintah Provinis (Pemprov) DKI Jakarta saja, sanksi parkir tertinggi atau progresif bagi kendaraan yang tak lulus uji emisi juga akan berlaku di mal dan perkantoran swasta.

Hal ini ditegas oleh Adji Kusambarto, Kepala Unit Pelaksana Perparkiran Dinas Perhubungan (Dishub) Jakarta yang mengatakan, bila aturannya sudah resmi direvisi, maka penerapan sanksi parkir untuk kendaran yang tak lulus uji emisi akan melibatkan pihak swasta.

"Nantinya akan seperti itu, untuk sekarang ini masih menunggu revisi Peraturan Gubernur (Pergub) dulu, semoga selesai di 2021. Tapi rencana ke depannnya memang akan ke swasta juga," ucap Adji kepada Kompas.com, beberapa hari lalu.

Baca juga: Nyicil Beli Ban Mobil, Dahulukan buat Ban Belakang

Menurut Adji, dengan melibatkan lahan parkir swasta, otomatis akan lebih menimbulkan efek ke masyarakat, khususnya pemilik kendaraan sepeda motor atau mobil, yang usia sudah tiga tahun namun belum atau tak lulus uji emisi.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UNIT PENGELOLA PERPARKIRAN (@up_perparkirandishub)

Harapannya agar ada kesadaran melakukan uji emisi guna mengetahui tingkat kandungan gas buang pada kendaraan. Bila tidak lulus, artinya perlu ada perawatan agar emisinya sesuai regulasi.

Dengan demikian, pengguna kendaraan di Jakarta, bisa memberikan efek postif bagi lingkungan sekitar. Minimal bisa menekan polusi udara akibat gas buang kendaraan.

Baca juga: Sanksi Tarif Parkir Progresif Uji Emisi Belum Berlaku untuk Motor

Sanksi tarif uji emisi di DKI JakartaINSTAGRAM/DINAS LINGKUNGAN HIDUP Sanksi tarif uji emisi di DKI Jakarta

"Kalau di mal atau parkiran swasta itu kan tarif berbeda, lebih tinggi. Jadi otomatis tarif progresifnya itu akan lebih mahal, karena dihitung per jam," ucap Adji.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.