Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PO Cahaya Trans, Pakai Avante H8 Spesial

Kompas.com - 31/05/2021, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia tidak memberhentikan Perusahaan Otobus (PO) menambah armada barunya. Misalnya seperti PO Cahaya Trans yang merilis bus baru dari karoseri Tentrem di Malang.

Bodi yang digunakan adalah Avante H8 Flanker Edition yang dipasang ke sasis Mercedes Benz. Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa keunikan dari Avante H8 Flanker Edition daripada model biasa.

“Sasisnya sudah memakai space frame, lalu di kabinnya ada toilet, model tangga samping, dan towel warmer,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Minggu (30/5/2021).

Baca juga: Nyicil Beli Ban Mobil, Dahulukan buat Ban Belakang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

Sasis dengan space frame tentunya bakal membuat bagasi bus semakin lega. Apalagi seri Avante H8 memang memiliki bagasi yang bisa mengangkut motor di dalamnya.

Kemudian untuk model tangga samping, Dimas menjelaskan kalau tangga saat masuk ke kabin bus berada mepet dengan dinding kiri bus. Berbeda dengan bus pada umumnya, tangga naik ke kabin biasanya ada di tengah-tengah kabin.

“Posisi tangga samping ini bisa menambah ruang di sebelah pengemudi menjadi tempat tidur kolong,” kata Dimas.

Baca juga: Ini Cara Cek Besaran Pajak Kendaraan Secara Online

Selain posisi tangga yang ada di samping, ada beberapa komponen yang berbeda jika melihat Flanker Edition di bagian eksteriornya. Pertama untuk pintu depan, modelnya sliding namun membukanya ke arah depan.

Selain itu, pada bagian selendang juga dilengkapi ornamen chrome yang menambah kesan mewah. Begitu juga di antara lampu depan ada hiasan chrome yang menyatukan kedua headlamp.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com