Kompas.com - 31/05/2021, 08:02 WIB
Bus AKAP baru PO Cahaya Trans instagram/karoseritentremBus AKAP baru PO Cahaya Trans

JAKARTA, KOMPAS.com – Masa Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia tidak memberhentikan Perusahaan Otobus (PO) menambah armada barunya. Misalnya seperti PO Cahaya Trans yang merilis bus baru dari karoseri Tentrem di Malang.

Bodi yang digunakan adalah Avante H8 Flanker Edition yang dipasang ke sasis Mercedes Benz. Sales Staff karoseri Tentrem Dimas Raditya mengatakan, ada beberapa keunikan dari Avante H8 Flanker Edition daripada model biasa.

“Sasisnya sudah memakai space frame, lalu di kabinnya ada toilet, model tangga samping, dan towel warmer,” ucap Dimas kepada Kompas.com, Minggu (30/5/2021).

Baca juga: Nyicil Beli Ban Mobil, Dahulukan buat Ban Belakang

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tentrem Karoseri Official (@karoseritentrem)

 

Sasis dengan space frame tentunya bakal membuat bagasi bus semakin lega. Apalagi seri Avante H8 memang memiliki bagasi yang bisa mengangkut motor di dalamnya.

Kemudian untuk model tangga samping, Dimas menjelaskan kalau tangga saat masuk ke kabin bus berada mepet dengan dinding kiri bus. Berbeda dengan bus pada umumnya, tangga naik ke kabin biasanya ada di tengah-tengah kabin.

“Posisi tangga samping ini bisa menambah ruang di sebelah pengemudi menjadi tempat tidur kolong,” kata Dimas.

Baca juga: Ini Cara Cek Besaran Pajak Kendaraan Secara Online

Selain posisi tangga yang ada di samping, ada beberapa komponen yang berbeda jika melihat Flanker Edition di bagian eksteriornya. Pertama untuk pintu depan, modelnya sliding namun membukanya ke arah depan.

Selain itu, pada bagian selendang juga dilengkapi ornamen chrome yang menambah kesan mewah. Begitu juga di antara lampu depan ada hiasan chrome yang menyatukan kedua headlamp.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.