Mantan Pelatih Valentino Rossi Sarankan Marquez jika Mau Menang

Kompas.com - 25/05/2021, 08:42 WIB
Marc Marquez Foto: Twitter @marcmarquez93Marc Marquez

JAKARTA, KOMPAS.comMarc Marquez belum kembali ke performa terbaiknya sehabis sembuh dari cidera. Pada MotoGP Perancis dua pekan lalu misalnya, Marquez tidak berhasil finis dan saat ini menempati urutan 17 pada klasemen sementara.

Luca Cadalora, eks pelatih Valentino Rossi, mengatakan, Marquez tidak bisa tampil seperti dulu lagi. Penilaian ini muncul usai melihat performanya pada MotoGP musim 2021.

"Ada saatnya dalam karier pebalap semua berjalan dengan baik. Tetapi, ada juga yang tidak berjalan dengan baik," ucap Cadalora, dilansir dari laman Paddock-gp.com (24/5/2021).

Baca juga: Benarkah Motor Injeksi Tak Boleh sampai Kehabisan Bensin?

Ilustrasi Luca Cadalora sewaktu menjadi pelatih Valentino Rossi di Yamahagpone.com Ilustrasi Luca Cadalora sewaktu menjadi pelatih Valentino Rossi di Yamaha

Menurutnya, performa Marquez saat ini belum mencerminkan kondisi fisiknya yang seperti dulu. Pebalap utama Repsol Honda itu disebut masih menjalani proses pemulihan.

"Dia crash dengan konsekuensi yang lebih serius dari biasanya," ujar Cadalora.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cadalora juga mengatakan, Marquez harus mengubah gaya balapnya pada musim ini agar bisa tampil lebih baik.

Baca juga: Kawasaki Sudah Ajukan Paten yang Diduga Ninja ZX-4R

Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)PIERRE-PHILIPPE MARCOU Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

Hal ini tentu tidak mudah, apalagi gaya balap yang sudah menjadi ciri khas Marquez sudah dilakukan sejak membalap di level Moto2.

"Gaya balap itu Marc lakukan (sejak) di Moto2, dan tak ada pebalap lain yang melakukannya," kata dia.

Cadalora menambahkan, gaya balap Marquez bisa membuatnya lebih menyatu dengan motor meski berada di sirkuit yang berbeda-beda. Hal ini pula yang membuat Marquez tampil seperti tanpa lawan sepadan beberapa musim lalu.

Namun, saat ini menjadi waktu yang tepat buat Marquez mengubah gaya balapnya, mengingat sudah tidak lagi efektif pada kondisi dirinya yang sekarang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X