Benarkah Motor Injeksi Tak Boleh sampai Kehabisan Bensin?

Kompas.com - 24/05/2021, 10:12 WIB
Isi bensin self service KOMPAS.com/RulyIsi bensin self service

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua sepeda motor pastilah memiliki indikator penunjuk isi bahan bakar minyak (BBM) yang ada di dalam tangki.

Berkat indikator tersebut, pemilik kendaraan bisa mengetahui berapa banyak BBM yang masih tersedia di dalam tangki tanpa harus membuka untuk melihatnya langsung.

Meski begitu, akan ada faktor lupa atau lalai bagi sebagian pemilik sepeda motor untuk melihat indikator tersebut.

Terkadang masih ditemukan pemilik sepeda motor yang kehabisan BBM di perjalanan karena lalai dalam melihat indikator dan memperhitungkan sisa BBM.

Baca juga: Kenali Arti Garis Warna-warni pada Ban Baru

Bagi pemilik sepeda motor dengan teknologi injeksi, kondisi seperti ini jadi salah satu momok yang menakutkan.

Sebab, terdapat mitos bahwa sepeda motor injeksi jangan sampai kehabisan BBM agar tidak merusak sistem injeksinya. Ketakutan tersebut diperparah dengan harga sparepart injektor BBM yang tidaklah murah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengecekan sepeda motor injeksi di bengkel AHASS.KompasOtomotif-donny apriliananda Pengecekan sepeda motor injeksi di bengkel AHASS.

Lantas, apakah mitos kehabisan BBM bisa merusak sistem injeksi tersebut benar?

Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM, mengatakan bahwa mitos tersebut tidaklah benar. Menurutnya, motor dengan teknologi injeksi tidak akan mudah rusak hanya karena kehabisan BBM di tengah perjalanan.

Baca juga: 4 Motor Yamaha yang Punya Nafas Pendek di Indonesia

"Sistem injeksi tidak terpengaruh apabila motor kehabisan bensin. Jadi tidak masalah. Motor kehabisan bensin ya pasti mogok. Namun, sesudah diisi bensin tetap bisa dihidupkan normal," kata Endro saat dihubungi Kompas.com, Minggu (23/5/2021).

Sistem injeksi hanya bekerja saat ada suplai bahan bakar dari tangki kendaraan. Jika tangki kosong, injektor pun tidak akan bekerja.

Endro menegaskan bahwa anggapan tersebut hanyalah mitos belaka. Jadi tidak perlu panik saat sepeda motor kehabisan bahan bakar. Dengan kondisi mesin yang sehat, seusai diisi bahan bakar, sepeda motor tetap bisa dihidupkan secara normal.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.