Motor Balap Suter-BMW Bekas MotoGP Dilelang, Intip Sejarahnya

Kompas.com - 22/05/2021, 12:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu, di kelas MotoGP ada tim yang menggunakan motor balap Suter-BMW. Motor tersebut sudah pensiun dan sekarang dilelang.

Motor balap Suter-BMW ini merupakan motor yang cukup kompetitif pada zamannya. Motor ini dikembangkan oleh mantan pebalap asal Swiss, yakni Eskil Suter.

Dikutip dari Rideapart.com, Sabtu (22/5/2021), Suter mendirikan Suter Racing Technology (SRT) pada 1996, ketika dirinya masih berkompetisi di kelas 250 cc. SRT mengembangkan mesin untuk World Superbike bagi tim Petronas F1 dan membantu Kawasaki di MotoGP pada musim 2004 hingga 2006.

Baca juga: Intip Fungsi Tombol pada Motor Balap MotoGP

Ketika Dorna Sports meluncurkan kelas Moto2 dengan kapasitas mesn 600 cc, Suter mendesain sasis yang berhasil mengklaim tiga kali berturut-turut gelar juara dunia untuk kategori pabrikan pada 2010 hingga 2012.

Setelah sukses di kelas menengah, SRT mencoba untuk masuk kelas MotoGP lagi. Kali ini, Suter berkolaborasi dengan BMW pada 2012. Pengembangannya dibantu oleh Mika Kallio pada 2011.

Motor balap Suter-BMWRideapart.com Motor balap Suter-BMW

Setelah itu, SRT bekerja sama dengan Team Forward dengan pebalapnya saat itu, Colin Edwards. Mantan pebalap MotoGP ini juga membantu pengembangan motor yang diberi kode #001 tersebut.

"Akhirnya, #001 menyelesaikan hidupnya sebagai motor balap membantu pengembangan sistem kontrol mesin. Motor ini diatur dengan banyak instrumen untuk Bosch Motorsport dan dikendarai banyak pebalap, seperti Alex De Angelis dan Dominique Aegerter untuk menyelesaikan pengembangan," ujar Suter.

Baca juga: Permasalahan Ban Aus, Bikin Pebalap MotoGP Melambat

Setelah motor tersebut pensiun, SRT hanya menggunakannya untuk presentasi dan belum pernah dikendarai lagi sejak 2018. Suter kembali merestorasi motor itu pada 2020 agar sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Sekarang, motor tersebut dibekali dengan mesin BMW S 1000 RR dan dipadukan dengan ECU Bosch MS5.0. Suspensinya dari Ohlins TTX dan pengeremannya menggunakan kaliper monoblok dari Brembo. Peleknya mengandalkan OZ Magnesium yang sangat ringan.

Motor balap Suter-BMWRideapart.com Motor balap Suter-BMW

Suter berhasil menggali potensi mesin tersebut dan menghasilkan tenaga hingga 226 tk. Kecepatan maksimumnya diklaim tembus 325 km/jam.

Sekarang, motor balap Suter-BMW ada di markasnya di Turbenthal, Swiss. Motor ini dilelang oleh Iconic Motorbikes dengan banderol mulai dari 2.600 dolar atau sekitar Rp 37,3 jutaan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.