Honda CB150R Lama Bisa Pakai Suspensi Upside Down CB150R Baru

Kompas.com - 22/05/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perubahan paling signifikan pada Honda All New CB150R StreetFire adalah suspensi depannya. Pada generasi yang terbaru ini, sudah menggunakan tipe upside down.

Suspensi yang digunakan merupakan buatan Showa dengan tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP). Suspensi ini yang juga digunakan pada All New CBR150R.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, suspensi tipe ini menawarkan stabilitas pengereman yang lebih baik.

Baca juga: Wahana Mulai Jual All New CB150R StreetFire

"Suspensinya cenderung digunakan di on road (aspal)," ujar Endro, saat ditemui di AHM Safety Riding Park, Cikarang, beberapa waktu lalu.

Pelek palang Honda All New CB150R StreetFireKompas.com/Donny Pelek palang Honda All New CB150R StreetFire

Tak sedikit pemilik CB150R lama yang penasaran, apakah suspensi upside down tersebut bisa diaplikasikan pada motornya.

Dwi Supriyatno, Technical Manager PT Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, secara teknis, kalau hanya upgrade suspensi saja tidak bisa. Tapi, harus diganti semuanya.

Baca juga: Jajal Posisi Berkendara Honda All New CB150R StreetFire

"Mulai dari segitiga sampai dudukannya, kurang lebih harganya Rp 7 jutaan. Harus satu set full dengan segitiga, termasuk penjepit setang," kata Dwi, saat peluncuran All New CB150R StreetFire, secara virtual, Jumat (21/5/2021).

Dwi mengatakan, suspensi upside down yang digunakan CBR150R dan CB150R ini lebih rigid dan stabil saat melakukan pengereman dan peredamannya lebih baik. Di jalan yang permukaannya rusak juga lebih stabil dan nyaman dikendarai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.