Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Honda CB150R Lama Bisa Pakai Suspensi Upside Down CB150R Baru

Kompas.com - 22/05/2021, 09:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu perubahan paling signifikan pada Honda All New CB150R StreetFire adalah suspensi depannya. Pada generasi yang terbaru ini, sudah menggunakan tipe upside down.

Suspensi yang digunakan merupakan buatan Showa dengan tipe Separate Function Fork Big Piston (SFF-BP). Suspensi ini yang juga digunakan pada All New CBR150R.

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, suspensi tipe ini menawarkan stabilitas pengereman yang lebih baik.

Baca juga: Wahana Mulai Jual All New CB150R StreetFire

"Suspensinya cenderung digunakan di on road (aspal)," ujar Endro, saat ditemui di AHM Safety Riding Park, Cikarang, beberapa waktu lalu.

Pelek palang Honda All New CB150R StreetFireKompas.com/Donny Pelek palang Honda All New CB150R StreetFire

Tak sedikit pemilik CB150R lama yang penasaran, apakah suspensi upside down tersebut bisa diaplikasikan pada motornya.

Dwi Supriyatno, Technical Manager PT Wahana Makmur Sejati (WMS), mengatakan, secara teknis, kalau hanya upgrade suspensi saja tidak bisa. Tapi, harus diganti semuanya.

Baca juga: Jajal Posisi Berkendara Honda All New CB150R StreetFire

"Mulai dari segitiga sampai dudukannya, kurang lebih harganya Rp 7 jutaan. Harus satu set full dengan segitiga, termasuk penjepit setang," kata Dwi, saat peluncuran All New CB150R StreetFire, secara virtual, Jumat (21/5/2021).

Dwi mengatakan, suspensi upside down yang digunakan CBR150R dan CB150R ini lebih rigid dan stabil saat melakukan pengereman dan peredamannya lebih baik. Di jalan yang permukaannya rusak juga lebih stabil dan nyaman dikendarai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com