Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Balap Suter-BMW Bekas MotoGP Dilelang, Intip Sejarahnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa tahun lalu, di kelas MotoGP ada tim yang menggunakan motor balap Suter-BMW. Motor tersebut sudah pensiun dan sekarang dilelang.

Motor balap Suter-BMW ini merupakan motor yang cukup kompetitif pada zamannya. Motor ini dikembangkan oleh mantan pebalap asal Swiss, yakni Eskil Suter.

Dikutip dari Rideapart.com, Sabtu (22/5/2021), Suter mendirikan Suter Racing Technology (SRT) pada 1996, ketika dirinya masih berkompetisi di kelas 250 cc. SRT mengembangkan mesin untuk World Superbike bagi tim Petronas F1 dan membantu Kawasaki di MotoGP pada musim 2004 hingga 2006.

Ketika Dorna Sports meluncurkan kelas Moto2 dengan kapasitas mesn 600 cc, Suter mendesain sasis yang berhasil mengklaim tiga kali berturut-turut gelar juara dunia untuk kategori pabrikan pada 2010 hingga 2012.

Setelah sukses di kelas menengah, SRT mencoba untuk masuk kelas MotoGP lagi. Kali ini, Suter berkolaborasi dengan BMW pada 2012. Pengembangannya dibantu oleh Mika Kallio pada 2011.

Setelah itu, SRT bekerja sama dengan Team Forward dengan pebalapnya saat itu, Colin Edwards. Mantan pebalap MotoGP ini juga membantu pengembangan motor yang diberi kode #001 tersebut.

"Akhirnya, #001 menyelesaikan hidupnya sebagai motor balap membantu pengembangan sistem kontrol mesin. Motor ini diatur dengan banyak instrumen untuk Bosch Motorsport dan dikendarai banyak pebalap, seperti Alex De Angelis dan Dominique Aegerter untuk menyelesaikan pengembangan," ujar Suter.

Setelah motor tersebut pensiun, SRT hanya menggunakannya untuk presentasi dan belum pernah dikendarai lagi sejak 2018. Suter kembali merestorasi motor itu pada 2020 agar sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan.

Sekarang, motor tersebut dibekali dengan mesin BMW S 1000 RR dan dipadukan dengan ECU Bosch MS5.0. Suspensinya dari Ohlins TTX dan pengeremannya menggunakan kaliper monoblok dari Brembo. Peleknya mengandalkan OZ Magnesium yang sangat ringan.

Suter berhasil menggali potensi mesin tersebut dan menghasilkan tenaga hingga 226 tk. Kecepatan maksimumnya diklaim tembus 325 km/jam.

Sekarang, motor balap Suter-BMW ada di markasnya di Turbenthal, Swiss. Motor ini dilelang oleh Iconic Motorbikes dengan banderol mulai dari 2.600 dolar atau sekitar Rp 37,3 jutaan.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/22/122100215/motor-balap-suter-bmw-bekas-motogp-dilelang-intip-sejarahnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke