Terminal Dibuka, Bus AKAP Bisa Beroperasi dengan Pengetatan

Kompas.com - 19/05/2021, 10:22 WIB
Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021). KOMPAS.com/NIRMALA MAULANA ACHMADTerminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur. Foto diambil pada Selasa (4/5/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Layanan terminal bus antarkota antarprovinsi (AKAP) yang semula ditutup sementara selama larangan mudik Lebaran, kini dipastikan telah kembali beroperasi.

Syafrin Liputo, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan, ada dua terminal tipe A di DKI Jakarta yang sudah mulai kembali dibuka.

"Betul mulai 18 Mei 2021 ini layanan terminal bus sudah kembali dibuka, tipe A di Jabodetabek juga sudah beroperasi lagi, kalau di Jakarta itu Terminal Tanjung Priok dan Kampung Rambutan beroperasi normal untuk bus AKAP," kata Syafrin saat dihubungi Kompas.com, Selasa (18/5/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Berakhir, Ini Syarat Wajib Perjalanan Keluar Kota

Untuk layanan di Terminal Kalideres dan Pulogebang sendiri, sejak awal larangan mudik berlaku, memang masih dioperasikan secara terbatas.

Kondisi terminal Pulogebang Rabu (23/04). Imam Safii Kondisi terminal Pulogebang Rabu (23/04).

Kebutuhannya hanya untuk melayani masyarakat yang melakukan perjalan dalam kategori dikecualikan atau non-mudik. Namun itu pun diakui Syafrin jumlah penumpangnya sangat minim.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Walau sudah kembali beroperasi normal, namun Syafrin menegaskan bila aturan menyertakan hasil tes negatif Covid-19 saat akan berangkat atau datang ke Jakarta, masih menjadi syarat wajib bagi penumpang bus AKAP.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Dinas Perhubungan DKI Jakarta (@dishubdkijakarta)

Baca juga: Kapan Bus AKAP Mulai Beroperasi Normal Lagi?

"Seperti yang diungkapkan beberapa waktu lalu oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub), memang terjadi penurunan drastis penumpang AKAP. Artinya ada kesadaran masyarakat untuk tidak berpergian selama pandemi Covid-19," ujar Syafrin.

Suasana Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara menjelang pembatasan oeprasional Bus AKAP, Selasa (4/5/2021).KOMPAS.COM/ IRA GITA Suasana Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara menjelang pembatasan oeprasional Bus AKAP, Selasa (4/5/2021).

"Larangan mudiknya sudah selesai, sekarang lanjut ke pengetatan bagi pergerakan masyarakat. Tentu tetap ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu menyertakan hasil negatif antigen atau GeNose sebelum melakukan perjalanan," kata Syafrin.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X