Kapan Kampas Rem Mobil Harus Diganti? Ini Cara Mengeceknya

Kompas.com - 18/05/2021, 19:41 WIB
Ilustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram. STANLY RAVEL-KOMPAS.comIlustrasi kampas rem mobil dan piringan cakram.
|

JAKARTA, KOMPAS.comRem merupakan komponen penting yang berguna mengurangi laju mobil. Kondisi kampas rem harus dicek secara berkala untuk memastikan kinerjanya tetap baik.

Sebagai salah satu komponen fast moving, kampas rem biasanya memiliki usia pakai. Namun karena penggunaan yang terus menerus, membuat komponen ini mesti diganti lebih cepat.

Lantas, bagaimana cara mendeteksi kampas rem yang mulai habis dan harus diganti?

Kampas rem yang sudah harus diganti biasanya mengeluarkan tanda, yakni bunyi berdecit di bagian rem,” ujar Deni Adrian, Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Larangan Mudik Berakhir, Ini Syarat Wajib Perjalanan Keluar Kota

Gejala seperti terkunci pada roda tersebut muncul karena kampas rem masih menjepit cakram.Foto: Peugeot Gejala seperti terkunci pada roda tersebut muncul karena kampas rem masih menjepit cakram.

Selain suara, tanda kampas rem yang harus diganti bisa terlihat dari kondisi fisiknya. Menurut Deni, Anda bisa langsung mengecek bagian piringan dan kaliper rem.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kalau kampas rem cakram standar biasanya ada pelat tipis yang bertugas sebagai penanda bahwa kampas rem mulai tipis," ucap Deni.

Pelat kecil ini akan bergesekan dengan piringan cakram sehingga menghasilkan bunyi. Apabila pelat sudah mulai menempel dengan piringan cakram berarti kampas rem harus ganti baru.

Baca juga: Mitsubishi Luncurkan Pajero Final Edition, Dijual Mulai Rp 600 Jutaan

iPhone dijadikan kampas rem Porsche 911.YouTube iPhone dijadikan kampas rem Porsche 911.

Selain itu, kampas rem yang sudah tipis akan terlihat dengan jelas ketika roda dibuka. Kalau sudah sampai tahap ini, mau tak mau kampas harus segera diganti.

"Saat mengganti kampas rem, area kaliper dan piringan cakram wajib dibersihkan terlebih dahulu," kata Deni.

Hal ini dilakukan untuk membersihkan area rem, yang sering ditumpuki kotoran berupa residu atau sisa-sisa dari kampas rem.

Sebab kalau tidak dibersihkan, dapat mengganggu kinerja rem selanjutnya. Apalagi jika sudah tercampur dengan air akan semakin mengganggu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X