Strategi Marquez Hadapi Masalah Cuaca di MotoGP Prancis

Kompas.com - 16/05/2021, 15:21 WIB
Marc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP) PIERRE-PHILIPPE MARCOUMarc Marquez saat balapan pada MotoGP Spanyol 2021. (Photo by PIERRE-PHILIPPE MARCOU / AFP)

JAKARTA, KOMPAS.com - Balapan MotoGP Prancis yang akan berlangsung di Sirkuit Le Mans pada Minggu (16/5/2021) malam, menjadi momok bagi para pebalap.

Pasalnya, pada latihan bebas hari kedua GP Prancis yang berlangsung Sabtu (15/6/2021) para rider hadapkan dengan kondisi cuaca yang tak menentu.

Beberapa kali hujan terlihat mengguyur sirkuit, tetapi tak berselang lama cuaca berubah menjadi cerah kembali.

Kondisi ini tentu menjadi tantangan bagi para pebalap untuk mempersiapkan strategi balapan agar meraih hasil yang maksimal.

Baca juga: Jadwal MotoGP Prancis Hari ini, Quartararo Mau Balas Dendam

Salah satu pebalap yang sudah menyiapkan strategi dalam kondisi tersebut adalah Marc Marquez.

Pebalap Repsol Honda itu memastikan siap menghadapi beragam cuaca atau kondisi saat menjalani balapan GP Prancis.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jika lintasan basah, saya akan fokus pada gaya belapan setelah start dan bagaimana saya bisa cepat dan tepat. Saat sudah kering, saya akan fokus pada tubuh saya dan berusaha untuk tidak mendorong terlalu keras di awal agar saya bisa bertahan pada akhirnya,” ujar Marquez, sebagaimana dikutip dari GPOne, Minggu (16/5/2021).

Marc Marquez Foto: Twitter @marcmarquez93 Marc Marquez

Meski sudah mempersiapkan strategi dalam dua kondisi tersebut, pebalap bernomor punggung 93 itu mengaku lebih nyaman jika membalap dalam kondisi trek basah.

“Saya merasa lebih nyaman saat basah, tetapi saya juga tahu bahwa lintasan itu memiliki lebih banyak risiko. Saya akan tersandung lebih banyak dalam kondisi kering, tetapi akan lebih baik untuk rehabilitasi saya karena saya lebih banyak menggunakan lengan saya,” kata Marquez.

Baca juga: Hasil Kualifikasi Moto2; Mas Bo Start ke-6, Federal Oil Kesulitan

Pada balapan di MotoGP Prancis yang berlangsung nanti malam, The Baby Alien akan memulai start dari urutan keenam. Sementara urutan pertama starting grid diisi oleh tuan rumah Fabio Quartararo.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X