Pahami Risiko Pakai Kaca Spion Kecil di Sepeda Motor

Kompas.com - 15/05/2021, 12:42 WIB
Spion motor mini bukalapakSpion motor mini

JAKARTA, KOMPAS.com - Spion merupakan komponen penting pada sepeda motor, untuk menunjang keselamatan berkendara. Namun, masih banyak pengendara yang abai dengan pentingnya kaca spion.

Banyak pengendara motor mengganti spion dengan produk aftermarket demi tampilan saja. Namun sebenarnya ada beberapa risiko dalam penggunaan spion motor dengan bentuk yang lebih kecil dari ukuran standarnya.

Baca juga: Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan kaca spion merupakan alat bantu keselamatan pada saat berkendara. Spion berfungsi untuk membantu pengendara dalam melihat keadaan sekitar terutama bagian belakang.

Kaca spion scooter bernuansa sportSetyo Adi/Otomania Kaca spion scooter bernuansa sport

"Dalam berkendara motor kita memiliki keterbatasan dalam pengelihatan, terutama pada area belakang kendaraan. Sedangkan pengendara hanya mampu melihat bagian depan kendaraan. Maka dari itu perlu adanya alat bantu yang namanya spion," kata Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kurang Tekanan Udara atau Kelebihan Udara?

Pada setiap kendaraan tentu saja memiliki blind spot atau area yang tidak dapat dilihat oleh pengendara secara langsung.

Saat berkendara menggunakan motor, pengendara tidak bisa melihat ke arah belakang. Maka dari itu fungsi spion diperlukan disini.

"Pada kaca spion bawaan pabrik untuk sepda motor masih memiliki blind spot, masih ada sepertiga bagian blind spot yang tidak terlihat oleh mata pengendara motor,' ucap Agus.

puluhan motor yang terparkir di ruko Darmo Park, Jl Mayjen Sungkono tergenang hingga setinggi spion motor usai hujan deras yang mengguyur, Rabu (15/1). Hujan deras yang mengguyur Surabaya sejak sore hari menimbulkan genangan air di berbagai lokasi di Surabaya. Diantaranya di Jl Mayjen Sungkono, Jl Indragiri serta Jl Dr. Soetomo. Sumber:surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haqSumber:surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq puluhan motor yang terparkir di ruko Darmo Park, Jl Mayjen Sungkono tergenang hingga setinggi spion motor usai hujan deras yang mengguyur, Rabu (15/1). Hujan deras yang mengguyur Surabaya sejak sore hari menimbulkan genangan air di berbagai lokasi di Surabaya. Diantaranya di Jl Mayjen Sungkono, Jl Indragiri serta Jl Dr. Soetomo. Sumber:surabaya.tribunnews.com/ahmad zaimul haq

Tentu saja jika menggunakan spion yang lebih kecil maka area blind spot juga akan bertambah besar. Hal ini akan membahayakan bagi pengendara sepeda motor.

Baca juga: Benarkah Panaskan Mesin Mobil Matik Posisi Tuas di P Bisa Merusak Transmisi?

Pada dasarnya keberadaan spion membantu pengendara saat akan berpindah jalur. Selain itu kaca spion juga berfungsi sebagai alat untuk melihat area sekeliling kendaraan bermotor.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X