Mengapa Setiap Kendaraan Ketika Mau Belok Wajib Ekstra Waspada

Kompas.com - 15/05/2021, 11:42 WIB
Mobil potong lajur motor Foto: Tangkapan layar Mobil potong lajur motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Video kecelakaan beredar di media sosial, memperlihatkan sepeda motor menabrak mobil yang sedang ingin belok.

Dalam video yang diunggah akun Instagram Otomotif Weekly, terlihat motor melaju tak bisa menghindari mobil yang belok tikungan dengan cara memotong jalur.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Prancis, Jack Miller Tercepat di Trek Basah

Motor tersebut tidak bisa berhenti dan akhirnya menabrak mobil. Sang pengendara motor yang marah kemudian menginjak kaca depan mobil.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Tabloid OTOMOTIF (@otomotifweekly)

Baca juga: Jadwal MotoGP Prancis 2021, Quartararo Siap Balas Dendam

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kejadian seperti itu terjadi karena mobil memotong jalur secara mendadak. Di satu sisi, motor juga keluar tikungan dengan kecepatan lumayan kencang.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, pengemudi mobil tersebut merupakancontoh pengemudi yang minim pengetahuan berkendara.

“Di jalan raya bukan siapa duluan atau cepat, tapi siapa yang paling beretika. Tidak ada gunanya cepat tapi bisa berujung celaka atau justru mencelakai pihak lain,” ucap Sony kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kenapa Truk dan Bus Kebanyakan Memakai Mesin Diesel?

Mobil potong lajur di tikunganINSTAGRAM/DASHCAMINDONESIA Mobil potong lajur di tikungan

Sony menjelaskan, etika yang benar ketika mobil berada di persimpangan atau ingin belok pertama adalah perhatikan lajurnya.

Tidak dibenarkan memotong marka jalan, apalagi memotong kendaraan yang sudah ada di lajurnya.

“Cover brake untuk antisipasi terhadap bahaya orang menyeberang dan perhatikan rambu-rambu,” kata Sony.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X