Polisi Berlakukan Sistem Buka Tutup pada Jalur Wisata Karanganyar

Kompas.com - 15/05/2021, 08:02 WIB
Simpang tiga Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar FirmansyahSimpang tiga Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Kabupaten Karanganyar

SOLO, KOMPAS.com - Arus lalu lintas di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah mulai ramai. Kepadatan tampak di simpang tiga Keprabon, Kecamatan Karangpandan, Jumat (14/5/2021).

Padatnya lalu lintas di Kabupaten Karanganyar disebabkan banyaknya kendaraan yang melintas menuju sejumlah objek wisata dan pusat kuliner di daerah Ngargoyoso maupun Tawangmangu.

Diperkirakan puncak kepadatan lalu lintas akan berlangsung pada akhir pekan ini, 15-16 Mei. Oleh karena itu, Satlantas Polres Karanganyar sudah mempersiapkan rencana untuk sistem buka tutup arus lalu lintas.

Baca juga: Kesalahan Klasik Pemilik Motor Injeksi Saat Menghidupkan Mesin

"Jalur utara atau dari Karangpandan-Tawangmangu akan dibuat satu arah jika terjadi kepadatan arus lalu lintas saat pagi hingga siang hari. Kemudian arus lalu lintas dari arah sebaliknya akan dialihkan menuju ke Matesih,” kata Kasatlantas Polres Karanganyar AKP Sarwoko melalui keterangan resminya, Jumat (14/5/2021).

Terminal TawangmanguDinas Perhubungan Provinsi Jawa Tengah Terminal Tawangmangu

Saat arus balik dari arah lokasi wisata, kendaraan yang berasal dari arah Karanganyar menuju ke Tawangmangu akan dialihkan melalui jalur Matesih, mulai dari simpang empat Karangpandan.

Lebih lanjut Sarwoko mengatakan, penerapan sistem buka tutup tersebut kondisional melihat situasi arus lalu lintas di lapangan nantinya.

Baca juga: Lebih Baik Mana, Ban Kurang Tekanan Udara atau Kelebihan Udara?

Satlantas Polres Karanganyar juga telah mendirikan pos pelayanan di Karangpandan dan Tawangmangu dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Candi 2021.

Dari pantauan di lapangan, penyebab lain kemacetan lalu lintas ini juga diakibatkan oleh banyaknya kendaraan yang diparkir di sekitar pasar dan terminal Tawangmangu. Oleh sebab itu, akan dilakukan pula penertiban parkir di area tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.