Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah pada Mobil

Kompas.com - 07/05/2021, 04:42 WIB
Mengemudi sambil dandan shutterstockMengemudi sambil dandan

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik mobil yang tidak paham akan kegunaan beberapa fitur pada kendaraannya. Malas baca buku manual biasa jadi penyebab utama atau kerap malu bertanya pada orang lain juga jadi kendala.

Padahal jika mengenali semua fitur pada mobil, bisa membantu pengemudi saat berkendara.

Misal, tuas kecil pada spion tengah yang terdapat pada beberapa jenis mobil. Meski selalu terlihat, masih banyak pengendara atau pemilik mobil yang belum paham akan kegunaannya.

Terutama bagi pengemudi wanita, yang tidak jarang memanfaatkan tuas tersebut untuk menyetel posisi spion saat dandan sebelum turun dari mobil.

Baca juga: Raize dan Rocky Pakai Mesin Turbo, Bagaimana Perawatannya?

Lantas, apa sebenarnya fungsi dari tuas pada spion tengah pada kabin mobil?

fungsi spion tengah pada kabins515i.com fungsi spion tengah pada kabin

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Banyak orang mengiria fungsinya untuk melihat ke penumpang belakang saat ingin ngobrol. Padahal ini untuk membias sinar lampu yang berlebihan dari kendaraan yang ada di belakang terutama saat malam hari,” ujar Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Indah menjelaskan, dengan turunnya spion bisa meminimalisasi cahaya yang menimbulkan silau dari kendaraan di belakang.

Baca juga: Belum Raih Kemenangan, Joan Mir Masih Cuek

“Karena pantulan dari lampu tidak langsung, tapi terhalang dan dibiaskan di kaca belakang yang baru diteruskan ke spion sehingga intensitas cahayanya lebih rendah,” kata dia.

Cara penggunaanya cukup mudah, pemilik mobil tinggal menekan klip atau tuas yang ada di bawah kaca spion dan secara otomatis kaca akan menekuk ke bawah.

“Tapi ketika sedang berkendara wajib di balikan ke posisi semula, karena bila dibiarkan dengan posisi berkendara malam justru membuat silau karena langsung terkena bias cahaya matahari dari kaca belakang,” ucap Indah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.