Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Salah Kaprah Fungsi Tuas Spion Tengah pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik mobil yang tidak paham akan kegunaan beberapa fitur pada kendaraannya. Malas baca buku manual biasa jadi penyebab utama atau kerap malu bertanya pada orang lain juga jadi kendala.

Padahal jika mengenali semua fitur pada mobil, bisa membantu pengemudi saat berkendara.

Misal, tuas kecil pada spion tengah yang terdapat pada beberapa jenis mobil. Meski selalu terlihat, masih banyak pengendara atau pemilik mobil yang belum paham akan kegunaannya.

Terutama bagi pengemudi wanita, yang tidak jarang memanfaatkan tuas tersebut untuk menyetel posisi spion saat dandan sebelum turun dari mobil.

Lantas, apa sebenarnya fungsi dari tuas pada spion tengah pada kabin mobil?

“Banyak orang mengiria fungsinya untuk melihat ke penumpang belakang saat ingin ngobrol. Padahal ini untuk membias sinar lampu yang berlebihan dari kendaraan yang ada di belakang terutama saat malam hari,” ujar Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Indah menjelaskan, dengan turunnya spion bisa meminimalisasi cahaya yang menimbulkan silau dari kendaraan di belakang.

“Karena pantulan dari lampu tidak langsung, tapi terhalang dan dibiaskan di kaca belakang yang baru diteruskan ke spion sehingga intensitas cahayanya lebih rendah,” kata dia.

Cara penggunaanya cukup mudah, pemilik mobil tinggal menekan klip atau tuas yang ada di bawah kaca spion dan secara otomatis kaca akan menekuk ke bawah.

“Tapi ketika sedang berkendara wajib di balikan ke posisi semula, karena bila dibiarkan dengan posisi berkendara malam justru membuat silau karena langsung terkena bias cahaya matahari dari kaca belakang,” ucap Indah.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/05/07/044200215/salah-kaprah-fungsi-tuas-spion-tengah-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke