Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Mudik Lokal, Ini Kisaran Harga Sewa Mobil di Bandung

Kompas.com - 05/05/2021, 09:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memang membuat aturan larangan mudik pada periode 6 sampai 17 Mei 2021. Pada periode tersebut semua moda transportasi dilarang untuk beroperasi jika tujuannya mudik.

Namun, warga masih boleh untuk bepergian di dalam kota, istilahnya mudik lokal. Mudik lokal hanya berlaku di daerah aglomerasi atau kota dan kabupaten yang letaknya berdekatan.

"Di dalam wilayah aglomerasi, pergerakan masyarakat dan transportasi masih dibolehkan dengan pembatasan kapasitas, frekuensi, serta jam operasional," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Kredit Daihatsu Rocky, Tenor 5 Tahun Cicilan Rp 2 Jutaan

Mobil berjajar di garasi salah satu perusahaan rental mobil di Jalan PHH Mustopa, Kota Bandung, Senin (24/8/2020). Pandemi Covid-19 membuat para pengusaha rental mobil kelimpungan. Situasi itu diperparah dengan maraknya tindak penggelapan selama pandemi.KOMPAS.COM/DENDI RAMDHANI Mobil berjajar di garasi salah satu perusahaan rental mobil di Jalan PHH Mustopa, Kota Bandung, Senin (24/8/2020). Pandemi Covid-19 membuat para pengusaha rental mobil kelimpungan. Situasi itu diperparah dengan maraknya tindak penggelapan selama pandemi.

Salah satu wilayah aglomerasi, di mana maysyarakat bisa bepergian adalah Bandung Raya, yang terdiri dari Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Hal ini tentu bisa menjadi angin segar bagi para pengusaha rental mobil di Bandung. Mengingat menyewa mobil untuk lebaran bisa jadi solusi bepergian yang efisien dan praktis, tinggal bayar sewanya saja.

Untuk mobil yang biasanya di sewa, ada Toyota Avanza dan Innova. Harganya pun beragam, ada yang dengan pengemudi dan ada juga yang lepas kunci.

Baca juga: PO Sinar Jaya Borong 6 Unit Suites Class dari Karoseri Laksana

“Untuk Toyota Avanza di Rp 590.000, sudah termasuk bensin dan pengemudi. Lalu untuk tuslahnya, tambahan Rp 150.000, jadi totalnya Rp740.000 per hari,” ucap pihak pemasaran Dirgantara Car Rental yang tidak mau disebutkan namanya, kepada Kompas.com, Selasa (4/5/2021).

Sedangkan untuk Innova, bedanya Rp 100.000 dengan Avanza. Kemudian untuk Innova Reborn, sewanya Rp 950.000. Dirgantara Car Rent tidak memberikan opsi lepas kunci, jadi harus dengan pengemudi.

Sedangkan untuk lepas kunci, ada Abigail Rental Mobil yang menawarkan sewa Rp 425.000 per hari untuk Avanza. Sedangkan untuk Innova Reborn manual Rp 600.000 dan otomatis Rp 650.000 per hari.

“Kalau dekat lebaran, minimal harus sewa tiga hari. Harga tadi buat mobilnya saja, kalau mau tambah pengemudi, tergantung tujuannya, cuma kalau lebaran, ada tambahan mulai Rp 175.000,” ucap salah satu marketing Abigail Rental Mobil.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com