Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Federal Oil Moto2 Ungkap Beda Sasis Kalex dan Speed Up

Kompas.com - 05/05/2021, 08:42 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap Federal Oil Gresini Moto2 (FOGM2) Fabio Di Giannantonio, berhasil naik podium pertama pada Moto2 Spanyol, akhir pekan lalu.

Diggia panggilannya, tampil impresif sejak awal balapan. Dia bahkan mampu membuka selisih jarak dengan Marco Bezzecchi di belakangnya dengan waktu 1,722 detik.

Baca juga: Dampak Kecelakaan Parah di Jerez, Marquez Tak Kuat Jalani Sesi Tes

Fabio Di Giannantonio saat balapan di Moto2 Spanyol 2021Jesus Robledo Blanco Fabio Di Giannantonio saat balapan di Moto2 Spanyol 2021

Musim ini merupakan tahun pertama Diggia memakai sasis atau motor Kalex. Dua musim sebelumnya pada 2019 dan 2020 dia memakai motor Speed Up di tim berbeda.

Bersama FOGM2 dan memakai sasis Kalex prestasinya semakin baik. Sebelumnya di seri pembuka dia berhasil meraih podium kedua di GP Qatar. 

Pebalap Italia itu mengatakan, meski mesinnya dari pabrikan yang sama tapi karakteristik kedua motor tersebut yakni Kalex dan Speed Up jauh berbeda.

"Perbandingan dua motor sangat berbeda. Kategori sama, mesin sama tapi karateristiknya beda," kata Diggia dalam konferensi pers virtual, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Baru Menampakkan Diri, Honda N7X Sudah Bisa Dipesan?

Fabio Di Giannantonio saat sesi kualifikasi pada Moto2 Spanyol 2021Dok. FOGM2 Fabio Di Giannantonio saat sesi kualifikasi pada Moto2 Spanyol 2021

Pebalap kelahiran tahun 1998 itu mengatakan, pembawaan motor Kalex tidak liar seperti Speed Up.

"Di Speed Up (pebalap) harus lebih agresif, termasuk mengerem dan buka gas. Tapi Kalex lebih smooth. Itu yang sangat sangat beda," katanya.

"Kamu bisa (tampil) menekan lebih baik dengan sasis Kalex. Saya sangat suka," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com