Ketahui Batas Maksimal Isi Bensin pada Sepeda Motor

Kompas.com - 29/04/2021, 14:12 WIB
Mengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet KompasOtomotifMengisi bensin sesuai dengan spek kendaraan agar mesin tetap awet

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi bahan bakar minyak (BBM) sudah menjadi rutinitas pengguna kendaraan bermotor, salah satunya adalah pengendara sepeda motor.

Ada yang membeli hanya beberapa liter, namun tidak sedikit yang kerap mengisi penuh atau full tank.

Ketika diisi sampai penuh, sebenarnya ada batas aman di tangki motor. Batas ini berfungsi agar bahan bakar tidak terlalu penuh atau sampai luber. Karena jika luber, malah bisa merusak bagian yang ada di sekitar tangki.

Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, pemilik sepeda motor sebaiknya mengetahui batas aman yang terpasang di mulut tangki.

Baca juga: Ini Dampaknya jika Sering Mencampur BBM Beda Oktan

“Batas amannya bisa dilihat pada mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki di bagian bawah,” ucap Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Batas ini biasa ada pada setiap model tangki motor. Sebenarnya tidak masalah jika melewati batasnya, selama tidak keluar atau luber.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tangki bensin dan bagasi Revo FI Tangki bensin dan bagasi Revo FI

Memang sebagian motor sudah ada saluran di sekitar tangki yang mengalirkan bensin berlebih ke darat atau tanah. Namun kondisi saluran itu juga harus baik, jangan sampai ketika bensin yang melewati saluran tersebut malah tercecer.

“Dikhawatirkan, bensin yang menetes ini bisa menyebabkan motor terbakar kalau ada pemantiknya. Maka dari itu, agar lebih aman isi bensin penuh jangan sampai luber,” kata Endro.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Saat Isi BBM Pengendara Harus Turun dari Motor

Endro melanjutkan, jika isi tangki penuh dengan bensin pemilik kendaraan tidak perlu khawatir soal sirkulasi udaranya. Bagian tutup tangki tersedia lubang agar sirkulasi udara dari dalam tangki bisa lancar.

“Jadi aman saja jika ingin mengisi tangki sampai penuh,” ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.