Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang MotoGP Spanyol, Marquez Belum 100 Persen Prima

Kompas.com - 29/04/2021, 10:42 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Marc Marquez akhirnya kembali balapan setelah sembilan bulan absen dari MotoGP. Hebatnya, pebalap asal Spanyol ini langsung finis di urutan ketujuh pada MotoGP Portugal.

Padahal, Marquez hanya berkesempatan latihan dengan motor tiga kali sejak cedera. Kondisinya juga belum seratus persen prima.

Marquez mengaku tidak bisa menurunkan sikutnya saat menikung. Artinya, dia tidak mampu tampil maksimal seperti biasanya sebelum dia cedera.

Baca juga: Larangan Keras Marc Marquez Sebelum MotoGP Spanyol 2021

Para dokternya juga memerintahkan Marquez untuk tidak mengendarai motor dan hanya melakukan latihan fisik ringan hingga tulangnya benar-benar menyatu.

Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat sesi latihan bebas pada MotoGP Portugal 2021. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Hingga kini, Marquez belum tahu kapan dirinya akan benar-benar bisa tampil sempurna dengan kondisi yang prima.

"Sejujurnya, saya tidak tahu, karena tergantung dari sirkuitnya, apakah benar-benar menuntut fisik atau tidak," ujar Marquez, dikutip dari Motorsport.com, Kamis (29/4/2021).

Marquez mengaku, pada tujuh lap terakhir saat balapan di Sirkuit Portimao, dia tidak bisa menurunkan sikutnya saat menikung.

Baca juga: Kembalinya Marquez Jadi Hal Paling Positif bagi Honda Tahun ini

"Saya membalap dengan gaya yang aneh dan saya tidak bisa melakukan apa-apa," kata Marquez.

Dokter juga melarang Marquez untuk melakukan latihan yang terlalu berat. Latihan di pusat kebugaran dibatasi. Begitu pula latihan dengan menggunakan motor.

"Sekarang, saya hanya akan mengendarai motor pada saat balapan. Lalu, setelah pemeriksaan berikutnya, kita akan lihat bagaimana perkembangan tulangnya," ujar Marquez.

Marc Marquez di Sirkuit PortimaoTWITTER/@MARCMARQUEZ93 Marc Marquez di Sirkuit Portimao

Sekarang ini, Marquez ada di peringkat ke-14 pada klasemen sementara. Namun, ini masih awal musim, dia juga baru tertinggal 52 poin dari Fabio Quartararo yang ada di puncak klasemen.

Bukan hal yang mustahil untuk mengejar ketertinggalan. Pada 2017 lalu, Marquez berhasil mengejar selisih 37 poin setelah enam seri dan meraih gelar juara dunia MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com