Terminal Tirtonadi Solo Siapkan Tes GeNose untuk Penumpang Bus AKAP

Kompas.com - 29/04/2021, 12:16 WIB
Tes GeNose Di Terminal Tirtonadi Solo Arif NugrahadiTes GeNose Di Terminal Tirtonadi Solo

SOLO, KOMPAS.com - Peraturan tentang larangan mudik lebaran telah diresmikan oleh pemerintah. Peraturan ini akan diberlakukan pada 6-17 Mei 2021 demi mencegah penyebaran virus Covid-19 di Indonesia.

Aturan tersebut tertulis dalam Surat Edaran Kepala Satgas Penanganan COVID-19 No. 13 Tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik pada Bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah selama 6-17 Mei 2021.

Baca juga: Punya Uang Rp 180 Juta, Lebih Baik Beli Alphard Bekas atau Avanza Baru?

Selain itu, dilakukan pengetatan perjalanan dalam negeri selama H-14 dan H+7 larangan mudik Lebaran atau 22 April-5 Mei dan 18-24 Mei 2021 yang diatura dalan addendum Surat Edaran yang telah berlaku.

Seorang penumpang melakukan pemeriksaan GeNose di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Senin (12/4/2021).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Seorang penumpang melakukan pemeriksaan GeNose di Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Senin (12/4/2021).

Menanggapi hal itu Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah Joko Sutriyanto mengatakan pihaknya akan melakukan pengetatan protokol kesehatan di terminal untuk mencegah penyebaran virus Corona terutama di Solo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Cari Sedan Bekas Rp 20 Jutaan, Ini Pilihannya

"Kami lakukan pengetatan untuk saat ini, setiap hari sudah dilakukan tes GeNose bagi penumpang yang datang ke Terminal Tirtonadi dari luar Kota atau luar Provinsi," kata Joko saat ditemui redaksi Kompas.com, Kamis (29/4/2021).

Tes GeNose di Terminal Tirtonadi Solo sudah diadakan sejak 12 April 2021. Tes ini akan dilakukan setiap hari sampai menjelang Lebaran.

Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019).KOMPAS.com/LABIB ZAMANI Terminal Tipe A Tirtonadi Solo, Jawa Tengah, Rabu (22/5/2019).

Tes GeNose dilakukan secara acak untuk penumpang bus AKAP yang akan memasuki terminal Tirtonadi.

Tes GeNose juga bisa dilakukan oleh penumpang umum di Terminal dengan syarat membawa KTP. Tidak ada pemungutan biaya untuk tes GeNose yang dilakukan di terminal Tirtonadi.

Baca juga: Duet Baru Raize dan Rocky Resmi Diperkenalkan

Tes akan secara langsung dilakukan oleh petugas dari Terminal Tirtonadi. Shanty, selaku petugas terminal yang melakuakan pemeriksaan GeNose mengatakan bahwa sebelumnya pihak terminal sudah melakukan diklat terkait prosedur GeNose yang dilakukan di Jakarta.

"Untuk biaya kita gratiskan bagi penumpang, hasil uji langsung dapat diketahui dengan cepat dan dapat dibawa langsung oleh yang bersangkutan sebagai bukti di daerahnya," kata Shanty.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.