Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui Batas Maksimal Isi Bensin pada Sepeda Motor

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengisi bahan bakar minyak (BBM) sudah menjadi rutinitas pengguna kendaraan bermotor, salah satunya adalah pengendara sepeda motor.

Ada yang membeli hanya beberapa liter, namun tidak sedikit yang kerap mengisi penuh atau full tank.

Ketika diisi sampai penuh, sebenarnya ada batas aman di tangki motor. Batas ini berfungsi agar bahan bakar tidak terlalu penuh atau sampai luber. Karena jika luber, malah bisa merusak bagian yang ada di sekitar tangki.

Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno mengatakan, pemilik sepeda motor sebaiknya mengetahui batas aman yang terpasang di mulut tangki.

“Batas amannya bisa dilihat pada mulut tangki. Usahakan bensin rata dengan lubang tutup tangki di bagian bawah,” ucap Endro kepada Kompas.com belum lama ini.

Batas ini biasa ada pada setiap model tangki motor. Sebenarnya tidak masalah jika melewati batasnya, selama tidak keluar atau luber.

Memang sebagian motor sudah ada saluran di sekitar tangki yang mengalirkan bensin berlebih ke darat atau tanah. Namun kondisi saluran itu juga harus baik, jangan sampai ketika bensin yang melewati saluran tersebut malah tercecer.

“Dikhawatirkan, bensin yang menetes ini bisa menyebabkan motor terbakar kalau ada pemantiknya. Maka dari itu, agar lebih aman isi bensin penuh jangan sampai luber,” kata Endro.

Endro melanjutkan, jika isi tangki penuh dengan bensin pemilik kendaraan tidak perlu khawatir soal sirkulasi udaranya. Bagian tutup tangki tersedia lubang agar sirkulasi udara dari dalam tangki bisa lancar.

“Jadi aman saja jika ingin mengisi tangki sampai penuh,” ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/04/29/141200715/ketahui-batas-maksimal-isi-bensin-pada-sepeda-motor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke