Daihatsu Klaim Pasang APAR Tanpa Ganggu Kenyamanan

Kompas.com - 04/02/2021, 17:41 WIB
APAR pada produk Daihatsu APAR/ASTRA DAIHATSU MOTORAPAR pada produk Daihatsu

APAR pada produk DaihatsuAPAR/ASTRA DAIHATSU MOTOR APAR pada produk Daihatsu

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengikuti aturan pemerintah, mulai Januari 2021 PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah melengkapi semua jajaran produk yang akan dipasarkan dengan alat pemadam api ringan atau APAR.

Kehadiran APAR sendiri berguna sebagai fasilitas tanggap darurat pada kendaraan bermotor, khususnya mobil, yang berguna sebagai penunjang keselamatan pengendara.

Marketing Product Planning Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi mengatakan, adanya APAR pada seluruh unit model dan varian Daihatsu, dapat memberikan perasaan yang lebih aman dan nyaman, sehingga pelanggan lebih tenang saat berkendara.

Baca juga: Cek Kenaikan Harga MPV Murah di Februari 2021

"Daihatsu meletakkan APAR pada bracket di posisi bawah bangku penumpang depan pada seluruh jenis kendaraannya, baik kendaraan penumpang dan komersil," ujar Anjar dalam keterangan resminya, Kamis (4/2/2021).

Anjar menjelaskan posisi peletakkan dilakukan dengan beberapa pertimbangan. Paling utama kemudahan dalam menjangkaunya, baik untuk penumpang maupun pengemudi, sehingga mudah digunakan saat dibutuhkan tanpa mengorbankan kenyamanan penumpang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

APAR pada produk DaihatsuAPAR/ASTRA DAIHATSU MOTOR APAR pada produk Daihatsu

Sementara untuk jenis APAR yang digunakan sendiri juga telah memiliki sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI) dan berisikan dry chemical powder.

Jenis tersebut dipilih lantaran bisa menutup permukaan yang terbakar api dengan cepat tanpa memberikan dampak pada sistem kelistrikan.

Lebih lanjut Anjar menjelaskan bila APAR yang digunakan bisa mengatasi berbagai macam jenis kebakaran pada mobil. Mulai dari benda padat non-logam, seperti kertas, kain, plastik, dan kayu. Kebakaran cairan, gas, atau uap yang mudah terbakar, serta kelistrikan.

Baca juga: Apa Kabar Sanksi Disinsentif Parkir Uji Emisi Kendaraan ?

"APAR yang kami gunakan juga aman dan tidak beracun. Selain itu memiliki masa berlaku atau jangka waktu pakai hingga 8 tahun sebelum dibuka," kata Anjar.

 

APAR pada produk DaihatsuAPAR/ASTRA DAIHATSU MOTOR APAR pada produk Daihatsu

Seperti diketahui, adanya kewajiban APAR pada mobil baru di 2021 juga ikut mengerek harganya di awal tahun. Demikan juga untuk produk-produk yang dipasarkan Daihatsu.

Mulai mobil murah atau low cost green car (LCGC), MPV murah, SUV murah, sampai niaga ringan banderolnya sudah naik dibandingkan akhir 2020 lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.