Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamyak, Tank Mini dari Rusia

Kompas.com - 18/04/2021, 14:21 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber visordown

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pria asal Rusia menciptakan tank mini untuk segala medan. Menariknya kendaraan ini merupakan hasil modifikasi dari skuter matik.

Motor berpenampilan unik ini merupakan kreasi Eduard Luzyanin. Motor warna hijau tentara ini pertama kali dirakit pada 2020 untuk mengikuti ajang All-Terrain Vehicle Trophy.

Baca juga: Motor Klasik Honda AX-1 Mejeng di IIMS Hybrid 2021

Motor ini dinamakan Hamyak atau berarti Hamster dalam bahasa Rusia. Disebut sebagai tank mini karena tidak menggunakan roda tapi menggunakan monotrek atau rel tunggal.

Tank mini HamyakFoto: Visordown Tank mini Hamyak

Sebagaimana tank perang, Hamyak disebut bisa menaklukkan berbagai medan mulai dari salju, pasir dan lumpur. Hanya saja untuk jalan raya pengendaliannya sedikit lebih susah.

Hamyak memiliki bobot 85 kg sehingga cukup ringan. Dimensinya juga tidak terlalu besar sehingga bisa ditaruh di bagasi mobil pikap atau mobil besar lainnya.

Mesinnya diambi dari motor China berkapasitas 150 cc, sanggup melaju sampai 43 kpj. Tapi untuk beberapa medan berat kecepatan puncaknya berkurang hanya 20 kpj.

Baca juga: Tes Konsumsi BBM Skutik Gambot BMW C400X, Boros Enggak?

Tank mini HamyakFoto: Visordown Tank mini Hamyak

Mengutip Visordown, konsumsi bahan bakarnya satu liter untuk satu jam pemakaian. Kapasitas tangkinya sendiri 10 liter dan ada tangki tambahan 5 liter di bagian belakang.

Selain tangki tersedia juga berbagai peralatan buat kegiatan luar ruangan seperti tali 15 m, kapak, gergaji lipat, lampu, kompas dan termos air panas.

Saat ini Hamyak baru motor modifikasi. Tapi Eduard membuka kesempatan kerjasama kepada pihak lain jika ingin memproduksinya jadi lebih banyak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber visordown
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com