Kompas.com - 18/04/2021, 12:01 WIB
Ilustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi aplikasi SINAR untuk membuat dan memperpanjang SIM online.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepolisian Republik Indonesia melalui Korlantas Polri baru saja memperkenalkan layanan pembuatan SIM secara online.

Harapannya masyarakat dapat mengurus perpanjangan SIM lebih mudah tanpa harus datang guna menghindari keramaian selama pandemi.

Program yang diberi nama SINAR (SIM Nasional Presisi) ini sudah dapat diunduh di Google Playstore dengan nama Digital Korlantas Polri.

Aplikasi ini digunakan untuk mengurus semua jenis SIM yakni A, B dan C.

Langkah-langkah yang diperlukan untuk mendaftar SIM Online antara lain, mengunduh aplikasi, verifikasi nomor telepon, registrasi data diri, memilih jenis SIM dan lokasi Satpas.

Baca juga: Layanan SIM Online Meluncur, Bagaimana dengan SIM Keliling?

Kemudian memverifikasi hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi, mencantumkan rekening pengembalian, memilih metode pengiriman, mengunggah pas foto dan tanda tangan, serta pembayaran PNBP dan biaya kirim.

Setelahnya masyarakat tinggal menunggu SIM dicetak dan dikirim ke alamat domisili. Jika tertarik untuk mengambil langsung di SATPAS juga disediakan.

Simak video berita mengenai SIM Online berikut



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X