Kompas.com - 17/04/2021, 14:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Sokonindo Automobile selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) DFSK di Indonesia berencana untuk memproduksi mobil komersial listrik dalam di pabrik Cikande, Serang, Banten.

Hal ini dilakukan guna mendukung program pemerintah atas kendaraan bermotor listrik berbasis baterai (KBLBB) yang tengah dipercepat agar menjadikan Indonesia pemain utama pada era elektrifikasi.

"Saat ini DFSK Gelora E masih diimpor dalam bentuk utuh (CBU). Tetapi, ke depannya kami akan memproduksi sendiri," kata Alexander Barus CEO PT Sokonindo Automobile di gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2021, Kamis (15/4/2021).

Baca juga: DFSK Mulai Buka Pemesanan Mobil Listrik Gelora E di IIMS 2021

Pabrik Sokonindo Automobile di Serang, Banten, memproduksi SUV Glory 580.Ghulam/KompasOtomotif Pabrik Sokonindo Automobile di Serang, Banten, memproduksi SUV Glory 580.

Hanya saja, lanjut dia, terdapat syarat dan ketentuan yang harus mampu terpenuhi lebih dahulu seperti terbentuknya pasar yang dibuktikan lewat permintaan dan pemesanan kendaraan terkait.

"Kalau jualannya hanya 5 ribu setahun, skala ekonomi tidak masuk. Jadi, paling tidak kalau bisa 15 ribu unit saja setahun, kita bisa produksi," ujar Barus.

Dalam kesempatan sama, DFSK Indonesia resmi membuka pemesanan perdana untuk model Gelora E dengan kisaran harga Rp 510-520 juta pada varian minibus dan Rp 480-490 juta untuk blind van.

Baca juga: Cerita SPG di Pameran IIMS Hybrid 2021, Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.Ghulam/KompasOtomotif Pabrik Sokonindo Automobile di Cikande, Serang, Banten.

Direktur Penjualan dan Pemasaran SA Rifin Tanuwijaya meyatakan, mobil listrik tersebut direncanakan mulai dilakukan proses distribusi pada pertengahan tahun ini.

“Kami menawarkan Gelora E kepada seluruh konsumen yang membutuhkan kendaraan minibus dengan jumlah penumpang yang tergolong banyak atau blind van dengan ruang kargo luas," ujar dia.

"Serta, peduli akan lingkungan, karena kendaraan ini bebas emisi gas buang,” lanjut Rifin.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.