Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Progres Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia

Kompas.com - 17/04/2021, 12:01 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika, Lombok, masih dalam tahap pengerjaan. MotoGP pun dipastikan mundur dan rencananya akan digelar Maret 2022.

Belum lama ini, pihak Dorna Sports dan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) sudah meninjau Sirkuit Mandalika. Disebutkan bahwa pengerjaannya sudah mencapai 70 persen.

Baca juga: Jokowi Sebut Pameran Otomotif Dorong Kesiapan MotoGP Mandalika

Sirkuit Mandalika sedang mengerjakan pengaspalan lapisan pertama (AC Base) di beberapa ruas lintasan. Masih ada pekerjaan rumah melakukan pengaspalan lapisan kedua (AC Binder) hingga lapisan terakhir (surface SMA).

Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit MandalikaDok. MGPA Mandalika International Street Circuit atau Sirkuit Mandalika

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram @motogp, terlihat perkembangan pembangunan sirkuit memang belum sepenuhnya selesai, baik untuk trek maupun area sekitarnya.

Video yang sudut pengambilan gambarnya dari atas ini juga dapat menunjukkan karakter dari Mandalika International Street Circuit. Cukup banyak trek lurusnya, tapi tikungan yang diberikan juga cukup menantang.

Baca juga: MotoGP Mandalika Akan Jadi Salah Satu GP Paling Ikonik

Total tikungannya sendiri mencapai 17 tikungan dengan 11 tikungan ke kanan dan 6 tikungan ke kiri. Namun, belum diketahui tingkat elevasinya seperti apa.

CEO Dorna Carmelo Ezpeleta, mengatakan, pihaknya dapat memastikan bahwa Mandalika International Street Circuit akan menjadi salah satu venue terpenting di kalender ke depannya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by MotoGP (@motogp)

"Kami juga tahu bahwa pendukung dari Indonesia akan hadir secara masif dan balapan yang digelar akan menjadi salah satu yang paling ikonik sepanjang musim," ujar Ezpeleta, dikutip dari MotoGP.com, Sabtu (17/4/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com