Kompas.com - 09/04/2021, 16:31 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Johann Zarco mencetak rekor kecepatan baru motor MotoGP saat latihan bebas empat atau FP4, jelang seri pembuka MotoGP Qatar 2021, belum lama ini.

Kecepatan itu diraih Zarco lewat slipstream dan titik pengereman yang terlewat. Alhasil, meski sangat kencang, pebalap Pramac Racing itu akhirnya melebar di tikungan pertama.

Baca juga: Beragam Ubahan Kia Sonet 7-Seater Demi Mampu Bawa Banyak Penumpang

Pebalap tes Ducati, Michele Pirro, mengatakan, Ducati sebetulnya bisa mencapai kecepatan 400 kpj karena masih banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa motor.

Michele PirroFoto: Motorsport-Total.com Michele Pirro

"Kecepatan ini telah dicapai dalam beberapa test drive pribadi," kata Piro kepada La Gazzetta dello Sport dikutip dari Motorsport-Total.com, Jumat (9/4/2021).

Pirro mengatakan, pengembangan yang dimaksud bukan cuma mesin, melainkan juga komponen pendukung lain. Sebab, pengembangan mesin dibekukan pada musim 2021.

"Ini tentang mengerjakan paket keseluruhan. Aerodinamika, elektronik, dan sasis. Semua aspek ini memastikan bahwa tenaga dapat dikontrol," katanya.

Johann Zarco saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Johann Zarco saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Baca juga: Menyaksikan Bus Listrik Zhongtong yang Sedang Dites TransJakarta

Pebalap asal Italia tersebut mengatakan, Ducati bisa saja lebih cepat di Sirkuit Mugello, Italia.

"Di Qatar, trek lurusnya lebih dari satu kilometer. Kurva targetnya lambat. Anda bisa berakselerasi dari 80 kpj hingga 360 kpj dalam 800 meter," katanya.

"Jika trek lurusnya lebih panjang dan pengendara tidak perlu khawatir tentang titik pengereman maka dengan mudah bisa melaju lebih dari 400 kpj. Tidak masalah, tidak masalah sama sekali," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.