Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pebalap Tes Ducati Yakin Desmosedici Bisa Tembus 400 Kpj

Kompas.com - 09/04/2021, 16:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Johann Zarco mencetak rekor kecepatan baru motor MotoGP saat latihan bebas empat atau FP4, jelang seri pembuka MotoGP Qatar 2021, belum lama ini.

Kecepatan itu diraih Zarco lewat slipstream dan titik pengereman yang terlewat. Alhasil, meski sangat kencang, pebalap Pramac Racing itu akhirnya melebar di tikungan pertama.

Baca juga: Beragam Ubahan Kia Sonet 7-Seater Demi Mampu Bawa Banyak Penumpang

Pebalap tes Ducati, Michele Pirro, mengatakan, Ducati sebetulnya bisa mencapai kecepatan 400 kpj karena masih banyak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan performa motor.

Michele PirroFoto: Motorsport-Total.com Michele Pirro

"Kecepatan ini telah dicapai dalam beberapa test drive pribadi," kata Piro kepada La Gazzetta dello Sport dikutip dari Motorsport-Total.com, Jumat (9/4/2021).

Pirro mengatakan, pengembangan yang dimaksud bukan cuma mesin, melainkan juga komponen pendukung lain. Sebab, pengembangan mesin dibekukan pada musim 2021.

"Ini tentang mengerjakan paket keseluruhan. Aerodinamika, elektronik, dan sasis. Semua aspek ini memastikan bahwa tenaga dapat dikontrol," katanya.

Johann Zarco saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)KARIM JAAFAR Johann Zarco saat sesi latihan bebas pada MotoGP Doha 2021. (Photo by KARIM JAAFAR / AFP)

Baca juga: Menyaksikan Bus Listrik Zhongtong yang Sedang Dites TransJakarta

Pebalap asal Italia tersebut mengatakan, Ducati bisa saja lebih cepat di Sirkuit Mugello, Italia.

"Di Qatar, trek lurusnya lebih dari satu kilometer. Kurva targetnya lambat. Anda bisa berakselerasi dari 80 kpj hingga 360 kpj dalam 800 meter," katanya.

"Jika trek lurusnya lebih panjang dan pengendara tidak perlu khawatir tentang titik pengereman maka dengan mudah bisa melaju lebih dari 400 kpj. Tidak masalah, tidak masalah sama sekali," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com