Beragam Ubahan Kia Sonet 7-Seater demi Mampu Bawa Banyak Penumpang

Kompas.com - 09/04/2021, 09:42 WIB
Kia Sonet 7-Seater KOMPAS.com/GilangKia Sonet 7-Seater

JAKARTA, KOMPAS.com - Kia Sonet 7-seater meluncur di Indonesia. SUV kompak ini hadir untuk melengkapi varian Sonet lima penumpang yang sudah lebih dulu hadir.

Sonet 7-seater dikembangkan dari basis Sonet 5-seater. Dimensinya tidak berubah, artinya walau ada kursi tambahan di baris ketiga, tetapi panjang mobil keseluruhan tetap sama.

Baca juga: Kia Sonet 7-Seater Resmi Meluncur di Indonesia

Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Gilang Kia Sonet 7-Seater

Dimensi Sonet 7-seater memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, dan tinggi 1.615 mm. Jarak sumbu roda 2.500 mm, dan punya jarak terendah dari tanah 205 mm.

Marketing & Development Division Head PT Kreta Indo Artha (KIA), Ario Soerjo, mengatakan, agar bisa menambahkan kursi baris ketiga, Kia mengubah bentuk lantai mobil.

Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Gilang Kia Sonet 7-Seater

"Ubahan di lantai. Kemudian kursi baris kedua bisa maju mundur 10 cm. Kesannya sedikit, tapi ini bisa berguna di baris ketiga. Sebab, ruang di bawah kursinya itu yang sangat bisa dimanfaatkan, kaki kita bisa masuk ke bawahnya dan jadi ruang tambahan," kata Ario saat peluncuran daring, Kamis (8/4/2021).

Untuk memudahkan akses keluar masuk penumpang baris ketiga, kursi baris kedua dilengkapi tuas otomatis, tinggal tarik tuas tersebut maka kursi akan terlipat sendiri.

Ubahan lainnya, kata Ario, ialah soal suspensi. Pabrikan meningkatkan kemampuan suspensi disesuaikan dengan spesifikasi baru agar sanggup membawa beban lebih berat.

Baca juga: Harga Kia Sonet 7-Seater, Mulai Rp 190 Jutaan

Kia Sonet 7-SeaterKOMPAS.com/Gilang Kia Sonet 7-Seater

"Dengan kapasitas 7-seater, beban akan bertambah. Ada kalibrasi di bagian suspensi agar diisi 7 penumpang suspensi tidak jeblok. Kenyamanan tidak berubah meski (dinaiki) tujuh penumpang," katanya.

Jantung pacunya tetap sama sepeti Sonet 5-seater. Mesin bensin Gamma II DOHC, Dual CVVT berkubikasi 1.497 cc. Tenaganya diklaim mencapai 115 ps atau 113 tk pada 6.300 rpm dan torsi 144 Nm.

"Mesin tidak berubah. Mesin sudah cukup powerfull dan efisien," kata Ario.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X