Simak Harga Tiket Bus AKAP Mewah Jakarta–Yogyakarta

Kompas.com - 05/04/2021, 08:22 WIB
Bus suites class dan social distancing instagram/indotrans_Bus suites class dan social distancing

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) memang tetap menjadi pilihan masyarakat untuk bepergian jarak jauh. Apalagi saat ini infrastruktur jalan tol sudah tersedia dari Banten sampai Jawa Timur.

Dengan adanya fasilitas jalan tol tadi, bepergian dengan bus AKAP bisa jadi lebih cepat dan nyaman. Kemudian berbagai Perusahaan Otobus (PO) mulai memberikan layanan yang mewah, bahkan tidak kalah dari pesawat sekalipun.

Berikut ini beberapa daftar PO bus yang memiliki layanan mewah dengan trayek dari Jakarta ke Yogyakarta. Ada lima PO bus yang Kompas.com rangkum memiliki layanan yang super eksekutif, yakni Handoyo, Sinar Jaya, Safari Dharma Raya, Rosalia Indah, dan Tividi.

Baca juga: Innova Dapat Insentif PPnBM, Ini Harga Sekennya di Solo

bus suites classKompas.com/Fathan Radityasani bus suites class

PO Handoyo menawarkan dua pilihan kelas untuk trayek Jakarta – Yogyakarta ini, Suites Class dan Super Executive. Untuk Suites Class, seperti namanya, armada yang digunakan yaitu Legacy SR2 Suites Class buatan karoseri Laksana.

Perbedaan dengan bus pada umumnya, Suites Class memiliki susunan kursi 1-1 yang bertumpuk. Selain itu penumpang seperti mendapatkan kabin dengan kursi yang bisa direbahkan. Untuk kelas ini, Handoyo membanderol harga tiket Rp 350.000.

Sedangkan untuk Super Executive, PO Handoyo mengandalkan kursi dengan leg rest yang mewah. Selain itu, kelas ini juga menggunakan kursi yang lebih lebar, sehingga membuat susunan kabinnya menjadi 2-1. Harga tiket dibanderol Rp 300.000.

Baca juga: Tol Serpong-Cinere Dikira Sudah Tersambung ke Cijago, Akses GT Pamulang Padat

PO kedua yang menawarkan bus mewah trayek Jakarta-Yogyakarta adalah Sinar Jaya dengan layanan Suites Class. Seperti PO Handoyo, Sinar Jaya menawarkan armada yang sama dan ditambah dengan sistem hiburan Audio Video On Demand di setiap bangkunya.

Untuk tarif PO Sinar Jaya dengan trayek Jakarta – Yogyakarta yaitu Rp 300.000. Dengan harga tiket lebih murah Rp 50.000 (Rp 250.000), PO Safari Dharma Raya menawarkan bus dengan kelas Luxury di trayek Jakarta–Yogyakarta.

PO Safari Dharma Raya memberi fasilitas berupa kursi yang lebar ditambah leg rest dengan susunan 2-1 dan hanya diisi sebanyak 22 seat. Hal ini tentunya membuat ruang kaki alias leg room semakin luas, memberi kenyamanan pada penumpang.

Baca juga: Mengapa Nama PO Bus di Sumatera Kerap Pakai Singkatan

Bus AKAP PO Rosalia IndahKOMPAS.com/FATHAN RADITYASANI Bus AKAP PO Rosalia Indah

Sedangkan untuk PO Rosalia Indah, keberangkatan dari Tangerang Selatan menuju Yogyakarta, memakai bus tingkat atau double decker. Dalam bus tingkat ini tersedia tiga kelas layanan yaitu First Class, Super Top dan Executive Plus.

Untuk First Class, bangku yang digunakan adalah sleeper seat, sehingga bisa direbahkan dengan maksimal. Sedangkan Super Top menggunakan kursi lebar dengan susunan 2-1. Kemudian Executive Plus memakai susunan kursi 2-2.

Untuk harganya, keberangkatan dari Tangerang Selatan menuju Yogyakarta, PO Rosalia Indah membanderol harga tiket First Class Rp 350.000, Super Top Rp 275.000, dan Executive Plus Rp 225.000.

Terakhir ada PO Tividi yang merupakan ekspansi dari PO Efisiensi. PO Tividi baru membuka trayek Jakarta – Yogyakarta dengan layanan Gold Class yang memiliki susunan kursi 2-2 dan leg rest terpisah buatan Alldila Seat. Untuk tarif tiket, PO Tividi memberikan banderol Rp 220.000.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X