Innova Dapat Insentif PPnBM, Ini Harga Sekennya di Solo

Kompas.com - 04/04/2021, 09:01 WIB
Kijang Innova Facelift KOMPAS.com/RulyKijang Innova Facelift

SOLO, KOMPAS.com - Pemerintah telah resmi mengeluarkan kebijakan diskon PPnBM untuk mobil berkapasitas 1.501 cc sampai 2.500 cc per April 2021. Hal ini melengkapi relaksasi PPnBM yang lebih dulu rilis untuk mobil di bawah 1.500 cc.

Kebijakan diskon PPnBM untuk mobil kapasitas 1.501 cc hingga 2.500 cc lebih detail tertuang dalam Kepmenperin Nomor 839 Tahun 2021 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Pemerintah Pada Tahun Anggaran 2021.

Ini selaras dengan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 31/PMK.010/2021 tentang perluasan diskon PPnBM untuk mobil baru yang berlaku mulai 1 April 2021.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Doha, Quartararo Tercepat, Suzuki Mulai Jadi Ancaman

Kijang Innova FaceliftKOMPAS.com/Ruly Kijang Innova Facelift

PT Toyota Astra Motor (TAM) sebagai agen pemegang merk resmi Toyota di Indonesia ikut mendapatkan diskon PPnBM terbaru ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu model mobil Toyota yang masuk dalam daftar penerima diskon PPnBM terbaru adalah Innova.

Berkat insentif PPnBM ini, Toyota Innova di Solo dan sekitarnya mengalami penurunan harga hingga Rp 32 Juta.

Namun, penurunan harga tersebut tidak memberikan pengaruh pada harga sekennya di bursa mobil bekas wilayah Solo.

"Menurut saya PPnBM ini nggak ada pengaruhnya ke harga seken (Innova). Ini saya masih jual Innova Reborn G Diesel tahun 2020 di harga Rp 365 juta," ungkap Tonny, pemilik showroom mobil bekas Option Auto, Sabtu (3/4/2021).

Baca juga: Larangan Mudik Lebaran, Korlantas Siapkan 333 Titik Sekat di Jalur Tol dan Arteri

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Sepakat dengan Tonny, Agus pemilik showroom mobil bekas Agus Motor juga berkata bahwa insentif PPnBM untuk Innova baru tidak berefek banyak pada penurunan harga sekennya.

"Untuk sekarang belum ada pengaruhnya. Malah saya melihat kisaran harga Innova bekas masih ada kenaikan," kata Agus menjelaskan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.