Tol Serpong-Cinere Dikira Sudah Tersambung ke Cijago, Akses GT Pamulang Padat

Kompas.com - 04/04/2021, 08:05 WIB
Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran resmi beroperasi. Jasa MargaJalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran resmi beroperasi.
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Presiden RI Joko Widodo belum lama ini meresmikan jalan Tol Serpong-Cinere pada Kamis (1/4/2021).

Tol ini diproyeksikan akan menjadi JORR (Jakarta Outer Ring Road) II yang akan tersambung Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

Tak ayal pada libur long weekend kali ini, sudah banyak masyarakat yang antusias ingin mencoba ruas jalan tol tersebut. Bahkan sampai membuat kemacetan. Padahal ruas tol tersebut belum tersambung sepenuhnya.

Hal ini diungkap Direktur Utama PT Cinere Serpong Jaya (CSJ) Ayu Widya Kiswari, selaku anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero).

Baca juga: Menhub Sebut Larangan Mudik Lebaran 2021 Dilakukan Secara Tegas

Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan,pada Kamis (1/4/2021). Istimewa Presiden Joko Widodo saat meresmikan Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dan Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran di Gerbang Tol Pamulang, Tangerang Selatan,pada Kamis (1/4/2021).

Menurut Ayu, antusiasme pengguna jalan atas dioperasikannya tol ini sudah terpantau sejak Jumat (2/2/2021) malam pukul 22.00 WIB.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pihaknya pun tengah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan Kota Tangerang Selatan untuk rekayasa lalu lintas dan pengaturan lampu lalu lintas di lokasi tersebut.

“Kami mohon kesabaran pengguna jalan karena saat ini terpantau kepadatan yang terjadi di jalan nasional yang tersambung dengan GT Pamulang, yaitu Jl. R. E. Martadinata, berdampak pada akses jalan tol,” ujar Ayu, dalam keterangan resminya (3/4/2021).

Baca juga: Mesin Yamaha M1 Jebol, Morbidelli Terpaksa Gunakan Mesin Baru

Tol Serpong-Pamulang,PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Tol Serpong-Pamulang,

Ayu juga mengatakan, masih cukup banyak pengguna jalan yang mengakses Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dengan harapan dapat melanjutkan perjalanan menuju Jalan Tol Jagorawi via Jalan Tol Cinere-Jagorawi (Cijago).

“Yang diresmikan dan dioperasikan adalah Seksi 1 Ruas Serpong-Pamulang dengan perjalanan akhir hingga GT Pamulang. Sedangkan yang akan tersambung dengan Jalan Tol Cijago adalah Seksi 2 Ruas Pamulang Cinere yang saat ini masih dalam tahap konstruksi,” ucap Ayu.

Untuk pengguna jalan yang menuju Jalan Tol Cijago melalui akses Jalan Tol Serpong-Cinere Ruas Serpong-Pamulang dapat keluar di GT Pamulang dan melanjutkan perjalanan via jalan nasional dan masuk kembali ke jalan tol melalui GT Kukusan Jalan Tol Cijago.

Baca juga: Kalangan Selebritas Ramai Beli Matik Besar, Apa Keunggulannya?

 

Bentuk fisik tol Cinere - Cengkareng atau Tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) sesi ruas Serpong - Kunciran di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Senin (11/02/2019). Tol yang rencananya akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2019 ini diharapkan mampu memecah kemacetan yang kerap terjadi di ruas tol JORR 1 dan tol dalam kota.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOB Bentuk fisik tol Cinere - Cengkareng atau Tol Jakarta Outer Ring Road II (JORR II) sesi ruas Serpong - Kunciran di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Banten, Senin (11/02/2019). Tol yang rencananya akan mulai beroperasi pada pertengahan tahun 2019 ini diharapkan mampu memecah kemacetan yang kerap terjadi di ruas tol JORR 1 dan tol dalam kota.

“Mayoritas pengguna jalan yang mengira Jalan Tol Serpong-Cinere sudah tersambung dengan Jalan Tol Cijago ini karena salah satu aplikasi navigasi perjalanan sudah memperlihatkan kedua jalan tol tersebut telah tersambung, padahal kenyataannya belum tersambung,” kata Ayu.

“Sebagai informasi tambahan, saat ini Jasa Marga sudah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dari aplikasi tersebut untuk memperbaiki rute perjalanan,” tuturnya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.