Pilihan Ban Dilematik Bikin Performa Rossi Melorot di MotoGP Qatar

Kompas.com - 30/03/2021, 08:42 WIB
Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar Gareth HarfordValentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi sempat membuat penggemarnya banyak berharap bisa naik podium. Start dari posisi keempat, performas Rossi justru melorot terus hingga harus puas finis urutan ke-12.

Mulai musim ini, Rossi sudah bersama tim yang baru, yakni Petronas Yamaha Sepang Racing Team. Tapi, permasalahan yang familiar kembali melanda di saat balapan.

Baca juga: Johann Zarco Pecahkan Rekor Tembus 360 kpj, Rossi Sebut Luar Biasa

Rossi mengatakan, dirinya mengalami masalah dengan ban belakangnya yang cepat menurun performanya. Padahal, balapan baru berjalan beberapa lap.

Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, QatarDavid Goldman Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar

"Hal ini juga terjadi pada Jumat. Kami mencoba melakukan sesuatu, tapi sayangnya kami tidak memperbaiki masalah. Untuk alasan tertentu, kami membuat ban belakang stres berlebihan dan membuatnya kehilangan performa dan cengkraman," ujar Rossi, dikutip dari Crash.net, Senin (29/3/2021).

Rossi berharap permasalahan tersebut bisa sedikit dikendalikan. Sebab, temperatur saat balapan juga lebih rendah dibandingkan saat sesi latihan bebas. Sayangnya, kondisi saat balapan membuatnya lebih kesulitan.

Baca juga: Makna Mendalam di Balik Desain Helm Rossi pada MotoGP 2021

"Kami mengadakan rapat yang panjang, saya katakan apa yang saya rasakan dan kami akan coba meningkat dan perbaiki masalah agar lebih kuat pekan depan," kata Rossi.

Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, QatarDavid Goldman Valentino Rossi saat balapan di seri pertama MotoGP 2021 di Sirkuit Losail, Qatar

Rossi menambahkan, baik ban belakang tipe soft atau hard, keduanya sama-sama memiliki masalah baginya. Pilihan jatuh pada tipe soft yang diharapkan dapat bertahan lebih baik karena temperatur yang lebih rendah, tapi ternyata sama saja.

Meski demikian, Rossi tetap optimistis setelah melihat Yamaha berhasil menang di Sirkuit Losail, Qatar, berkat Maverick Vinales.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X