Diskon PPnBM, Harga Kijang Innova Turun sampai Rp 32 Juta

Kompas.com - 27/03/2021, 10:24 WIB
Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian. Kompas.com / Setyo AdiToyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah resmi memperluas pemberian insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) bagi kendaraan bermotor berkapasitas silinder mesin antara 1.501 cc sampai 2.500 cc.

Berlaku mulai 1 April 2021, insentif diberikan kepada dua segmen utama, yakni berpenggerak dua roda dan empat (4x2 serta 4x4) dengan local purchase di atas 60 persen.

Adapun pemberian diskon tarif PPnBM bagi kendaraan dimaksud beda-beda. Pada kendaraan 4x2, semula 20 persen akan menjadi 10 persen untuk tahap I (April-Agustus 2021) serta menjadi 15 persen di tahap II (September-Desember 2021).

Baca juga: Pemesanan Mobil Baru Melesat 160 Persen Berkat Insentif PPnBM

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Sementara itu, skema bagi kendaraan berpenggerak 4x4 adalah diskon sebesar 25 persen. Segmen mobil yang sedianya memiliki tarif PPnBM 40 persen akan menjadi 30 persen untuk tahap I dan 35 persen tahap II.

Pada keterangan sama, disebutkan bahwa salah satu produk yang bisa menikmati insentif PPnBM ialah Toyota Kijang Innova. Bahkan, saat ini tarif resmi sudah diputuskan melalui Surat Keputusan Toyota Sales Operation (Auto2000) dengan No.SK/001/TSO.OPR/IV/2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diterima Kompas.com, dalam salinan SK tersebut, ternyata semua varian dari mobil keluarga kelas medium atau medium multi purpose vehicle (MPV) tersebut mengalami penyesuaian, tanpa terkecuali (bensin dan diesel).

Hanya saja, penyesuaian harga yang dilampirkan hanya berlaku untuk wilayah DKI Jakarta, Bekasi, dan Banten (pelat nomor B). Artinya, pada kawasan tertentu bisa berbeda-beda tergantung pajak daerah.

Baca juga: Berlaku mulai April, Diskon PPnBM Fortuner dkk Maksimal 50 Persen

Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.Kompas.com / Setyo Adi Toyota All New Innova Venturer 2.4 Diesel AT. Kompas.com menguji untuk pemakaian harian.

Secara terperinci, penurunan harga Innova usai mendapatkan insentif ialah sebesar Rp 21,3 juta hingga Rp 32 juta tergantung pada varian dan kapasitas mesin.

Pada varian menengah ke bawah berbahan bakar bensin dan diesel (G dan V), selisih harga mobil mencapai Rp 26 jutaan.

Sementara bagi varian paling tinggi yakni Venturer, sebesar Rp 27 juta - Rp 28,5 juta untuk model bensin serta Rp 30,4 juta - Rp 32 juta bagi dieselnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.