Naik Signifikan, Suzuki Klaim Ekspor CBU XL7 Mendominasi

Kompas.com - 27/03/2021, 08:42 WIB
Suzuki XL7 KOMPAS.COM/STANLY RAVELSuzuki XL7

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) telah mencatatkan kinerja positif dengan peningkatan ekspor pada Februari 2021.

Hal ini sejalan dengan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yang menyatakan pengapalan completely built up (CBU) naik 51 persen dibanding awal 2021.

Suzuki mengklaim kenaikan paling signifikan sebesar 108 persen atau 7.109 unit. Jumlah tersebut terdiri dari, 4.301 unit CBU atau naik 74 persen dari Januari, dan 2.808 CKD, naik 196 persen.

Baca juga: Mobil dengan Pelat Nomor Dewa Tidak Bisa Sembarangan Pakai Rotator

Apriyanto, Production Planning Control Assistant to Dept. Head PT SIM mengatakan, usai ada peningkatan di Januari, performa ekspor Suzuki terus meningkat pada Februari.

Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi ErtigaKOMPAS.com/Ruly Aktivitas ekspor Suzuki Indonesia ke Meksiko didominasi Ertiga

"Peningkatan performa ekspor ini masih didominasi oleh produk buatan dalam negeri, seperti XL7 dan All New Ertiga. Kami optimistis tren positif akan semakin meningkat, sehingga ekspor bisa kembali ke angka normal seperti sebelum pandemi atau lebih tinggi," ucap Apriyanto dalam keterangan resminya, Jumat (26/3/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

XL7 memimpin kenaikan ekspor Suzuki di bulan kedua 2021 dengan jumlah 1.704 unit dalam bentuk CBU. Jumlah tersebut meningkat 141 persen dibanding bulan sebelumnya.

Baca juga: Berapa Biaya Penggantian Fuel Pump Avanza Jika Tanpa Recall

Setelah itu, Ertiga menyumbang 1.203 unit CBU dengan peningkatan 145 persen dari Januari. Untuk CKD sendiri, Wagon R paling besar dengan 2.400 unit, atau meningkat 233 persen.

Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahunKOMPAS.com/Ruly Suzuki Karimun Wagon R edisi spesial 50 tahun

"Suzuki selalu menghadirkan produk-produk yang berkualitas tinggi sehingga dapat diterima dengan baik oleh masyarakat internasional. Komitmen ini terus kami jaga agar kegiatan ekspor terus meningkat dan berkontribusi terhadap peningkatan ekonomi Indonesia," kata Apriyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.