Berapa Biaya Penggantian Fuel Pump Avanza Jika Tanpa Recall

Kompas.com - 26/03/2021, 09:42 WIB
Ilustrasi fuel pump Xpander yang bermasalah MMKSIIlustrasi fuel pump Xpander yang bermasalah

SOLO, KOMPAS.com -  PT Toyota Astra Motor (TAM) beberapa waktu lalu mengumumkan kampanye perbaikan massal alias recall terhadap beberapa model di Indonesia. Salah satu yang terimbas, adalah mobil sejuta umat Toyota Avanza yang berstatus terlaris di Indonesia.

Komponen yang disebut bermasalah dalam skema recall ini, adalah pompa bensin (fuel pump).

Fuel pump merupakan komponen penyuplai bahan bakar dari bensin ke ruang bakar pada setiap kendaraan. Pompa bensin yang rusak menyebabkan mesin mobil sulit menyala bahkan tidak bisa dinyalakan.

Baca juga: Makin Galak, Kemenhub Potong 10 Truk ODOL di Bogor

Jika terkena recall, pemilik kendaraan bisa membawa kendaraan ke diler terdekat untuk diganti secara gratis. Lalu, berapa biaya penggantian dan pemasangan fuel pump untuk Avanza jika tidak terkena recall?

"Untuk masalah fuel pump pada kendaraan harganya juga beda, kalau untuk Avanza jika tidak terkena recall estimasi biayanya bisa sampai Rp 1,5 jutaan," kata Hendrik, salah satu mekanik Nasmoco Toyota di Solo, Jawa Tengah, Kamis (25/03/2021).

Recall fuel pump dengan masalah impeller pada Avanza dan XeniaASTRA DAIHATSU MOTOR Recall fuel pump dengan masalah impeller pada Avanza dan Xenia

Harga fuel pump Toyota sendiri ternyata cukup bergam, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung model dan varian kendaraan tertentu.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Lengkap 39 Titik Kamera ETLE di Surabaya

Jika melihat di pasar jual beli online, ada beberapa harga fuel pump untuk Toyota Avanza. Mulai dari klaim komponen pengganti standar pabrikan Rp 600.000, Rp 1,25 juta, sampai merek Denso yang dijual Rp 1,7 juta.

Harga yang tertera belum termasuk biaya pemasangan, hanya untuk beli komponen saja.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X