Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menunggu Kiprah 3 Rookie Ducati di MotoGP 2021

Kompas.com - 27/03/2021, 08:22 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Sumber GPone

LOSAIL, KOMPAS.com - MotoGP 2021 akan segera dimulai, Minggu (28/3/2021). Pada musim ini ada beberapa pebalap muda pendatang baru atau rookie yang naik kelas dari Moto2. 

Tiga diantaranya akan membela Ducati dengan tim berbeda. Pertama Jorge Martin di Pramac Racing, kemudian Enea Bastianini, dan Luca Marini di Esponsorama Racing. 

Martin digaet Pramac dari Red Bull KTM Ajo di Moto2. Pada musim lalu penampilannya cukup konsisten. Sayang dia harus absen dua seri akibat terinfeksi Covid-19.

Setelah sembuh penampilannya cukup baik tapi kandidat juara dunia harus melayang. Pada akhir musim 2020, Martin berada di peringkat kelima klasemen akhir Moto2.

Baca juga: Biar Tidak Salah, Pahami Arti Warna Lampu Rotator

Jorge Martin Jorge Martin

Adapun Bastianini dan Marini, keduanya merupakan seteru musim lalu di Moto2 2020 berebut tempat pertama. Meski gelar juara dunia akhirnya dimenangkan oleh Bastianini.

Bastianini hadir sebagai pengganti Johann Zarco yang pindah ke Pramac. Sedangkan Marini yang juga merupakan adik Valentino Rossi menggantikan Tito Rabat.

"Hubungan kami baik, meski kami bertarung untuk gelar tapi hubungan kami tetap baik," kata Bastianini mengutip GPOne, Jumat (26/3/2021)

Sedangkan Rabat pindah ke kejuaraan WorldSBK bersama tim Barni Racing Team. Setelah terdepak dari MotoGP, Rabat akan membalap menggunakan Ducati Panigale V4 R.

“Setelah bertahun-tahun di MotoGP, saya memiliki kesempatan memulai petualangan baru di WorldSBK dan saya ingin menunjukkan semua potensi saya," kata Rabat mengutip WorldSBK.com.

Baca juga: Mudik Lebaran Resmi Dilarang, Kemenhub Siapkan Aturan Transportasi

Pebalap Italia dari Italtrans Racing Team, Enea Bastianini berlaga di Moto 2 Czech Grand Prix di sirkuit Masaryk di Brno pada 9 Agustus 2020.AFP/JOE KLAMAR Pebalap Italia dari Italtrans Racing Team, Enea Bastianini berlaga di Moto 2 Czech Grand Prix di sirkuit Masaryk di Brno pada 9 Agustus 2020.

Pengamat MotoGP Carlo Pernat mengatakan, duet Bastianini dan Marini merupakan pebalap muda rookie yang patut ditunggu musim ini.

Keduanya sama-sama cepat dan masih muda. Keduanya juga siap untuk berkompetisi dengan para seniornya di lintasan.

“Duet Marini dan Bastianini adalah pasangan yang lahir di saat-saat terakhir tepatnya pada pertengahan Oktober. Mereka adalah dua pebalap yang kuat,” ujar Pernat, dikutip dari GP One.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber GPone
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com