Marquez Belum Putuskan Kapan Kembali Balapan

Kompas.com - 13/03/2021, 18:15 WIB
Marc Marquez Foto: HondaMarc Marquez

JAKARTA, KOMPAS.com - Cedera patah tulang yang dialami Marc Marquez sudah semakin membaik kondisinya. Meski demikian, Marquez belum memutuskan secara resmi kapan akan kembali balapan.

Pemeriksaan medis terakhir pada Marquez menunjukkan dirinya sudah mendapat lampu hijau untuk kembali balapan.

Baca juga: Marc Marquez Tak Salahkan Dokter dan Honda Atas Kondisinya

Disebutkan bahwa pebalap Repsol Honda Tram tersebut dapat kembali mengintensifkan program pemulihan kekuatan dan mobilitasnya dengan tujuan untuk secara bertahap kembali ke balapan kompetitif.

Marc Marquez dan Pol Espargaro dalam peluncuran tim Repsol Honda untuk MotoGP 2021, Senin (22/2/2021). Foto: Tangakapan layar Honda Racing Corporation (Dok. HRC MotoGP)Dok. HRC MotoGP Marc Marquez dan Pol Espargaro dalam peluncuran tim Repsol Honda untuk MotoGP 2021, Senin (22/2/2021). Foto: Tangakapan layar Honda Racing Corporation (Dok. HRC MotoGP)

Vonis dokter tersebut menambah kemungkinan Marquez untuk mencoba balalan di seri pembuka MotoGP 2021 di Qatar pada 28 Maret mendatang.

Marquez sudah lama tidak mengendarai motor sejak Juli tahun lalu, di mana dirinya mendapatkan cedera tersebut. Cedera yang mengharuskan Marquez sampai menjalani tiga kali operasi.

Baca juga: Marc Marquez Sempat Stres Cederanya Tak Kunjung Pulih

Operasi terakhir dilakukan pada Desember lalu, di mana didapati pelat titanium penyangga tulangnya patah. Selain itu, tulangnya juga sempat mengalami infeksi.

Dikutip dari Crash.net, Sabtu (13/3/2021), Repsol Honda mengatakan, terlepas dari update terakhir, pandangan terhadap kembalinya Marquez ke MotoGP tidak berubah.

"Marc dan para dokter akan memutuskan kapan dia siap," ujar pernyataan Repsol Honda.

Marc Marquez dengan livery untuk MotoGP 2021Dok. Repsol Honda Marc Marquez dengan livery untuk MotoGP 2021

Jadi, update ini bukan berarti Marquez akan langsung naik ke atas motornya dan memulai latihan. Tapi, dapat diperkirakan dengan Marquez latihan di gym, dia masih memerlukan waktu untuk membentuk otot.

Dalam tinjauan medis yang dilakukan pada Marc Marquez, 14 minggu setelah operasi untuk pseudoarthrosis yang terinfeksi pada humerus kanan, tim medis yang dipimpin oleh Dokter Samuel Antuña dan Ignacio Roger de Oña secara klinis dan radiografis telah memverifikasi perkembangan konsolidasi tulang yang memuaskan.

Mulai saat ini, Marquez sekarang dapat meningkatkan program pemulihan kekuatan dan mobilitasnya dengan tujuan untuk secara bertahap kembali ke balapan kompetitif," tulis pernyataan resmi dari Repsol Honda Team.

Meski demikian, Marquez hanya memiliki kesempatan pada sesi latihan bebas saja untuk beradaptasi kembali. Sebab, sesi tes pra-musim sudah digelar semua.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X